PPM Series : Departemen Ilmu Komputer IPB University Kerjasama Dengan Program Studi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI dan Universitas Pamulang

Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB bekerjasama dengan Teknik Informatika Universitas Pamulang, Banten dan Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada  Sabtu, 27 Maret 2021.  Kegiatan ini diselenggarakan dalam webinar “Tren Sains Data di era 4.0 untuk Mendukung Tugas Akhir Mahasiswa dan Persiapan Memasuki Dunia Kerja” secara daring melalui alpikasi Zoom.  Pembicara dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Imas Sukaesih Sitanggang, S.Si, M.Kom dan Dr. Ir. Sri Wahjuni, M.T, Dosen Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB. Pembicara lain adalah Amril Mutoi, M.Kom., Abdul Haris Manjawakang, M.Kom,  Jajam Haerul Jaman, M.Kom, dan  Puput Irfansyah, M.Kom yang merupakan mahasiswa Program S3 Ilmu Komputer FMIPA IPB.  Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, Dr. Sony Hartono Wijaya, S.Kom, dan diikuti oleh 1605 peserta melalui aplikasi Zoom dan Youtube streaming Dept Ilmu Komputer IPB.

Menurut Prof. Dr. Imas Suakesih Sitanggang, S.SI,M.Kom, Sains Data merupakan bidang ilmu yang akan bertumbuh pesat dan dibutuhkan dalam dunia kerja sehingga Tren Sains Data ini menjadi peluang bagi mahasiswa medalami Sains Data dan bersaing dalam dunia kerja karena menurut Survey bahwa keahlian Data Science Analyst  menduduki peringkat teratas disusul AI dan Machine Learning serta Big Data Specialist dalam dunia kerja diprediksi akan berkembang dan membutuhkan banyak profesional. Keahilan Sains Data akan membuat mahasiswa memiliki rekaman CV semakin bernilai dan kuat saat ini dalam dunia pekerjaan karena Perusahaan membutuhkan Output dari Sains Data  (MAKE STRONG YOUR CV).

Dr. Ir. Sri Wahjuni, MT juga menjelaskan bagaimana penerapan Sains Data dalam Tugas akhir yaitu terbagi menjadi 3 topik utama yaitu Computer System and Network (CSN), Computational Intelligence and Optimazation (CIO) dan Software Engineering and Information Science (SEIS). Oleh sebab itu Sains Data merupakan keilmuan yang berperan penting dalam merealisasikan Industri 4.0 baik dalam Industri bidang Pertanian, Kesehatan, Ekonomi, Transportasi, Manufacturing, Bank dan lainya karena dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Sementara itu, bagaimana mahasiswa mengetahui lebih dalam perjalanan penelitian Sains Data? Puput Irfansyah, M.Kom, menjelaskan bahwa selain praktik diperlukan juga penelusuran Literature Review pada penelitian terdahulu sehingga mahasiswa dapat menemukan GAP Penelitian dan mengisi GAP tersebut dalam penelitian Tugas Akhir. Tugas Akhir merupakan laporan ilmiah yang memerlukan sumber pustaka relevan sehingga penting bagi mahasiswa mengelola hasil Literature Review untuk disitasi sebagai referensi kedalam laporan Tugas Akhir dengan menggunakan Tools pengelolaan referensi popular seperti Mandeley.