Profil Program Doktor Ilmu Komputer

Visi

Menjadi program pendidikan doktor yang menghasilkan kebaruan dalam bidang ilmu komputer untuk mendukung berbagai bidang, khususnya bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika modern melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang bereputasi internasional, untuk mewujudkan masyarakat madani yang maslahat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan program doktoral ilmu komputer yang berkualitas baik, khususnya dalam menghasilkan sumber daya manusia yang professional untuk mendukung pertanian efektif, presisi dan modern yang berstandar dan bereputasi internasional.
  2. Mewujudkan pendidikan doktoral ilmu komputer dalam kurun waktu yang tepat dengan lulusan yang berkualitas baik dan mampu berkompetisi dalam tingkat nasional maupun internasional.
  3. Membangun atmosfer akademik yang mewujudkan kegiatan penelitian bidang ilmu komputer yang bersinergi dengan bidang keilmuan lain untuk menghasilkan teori, metode, maupun teknologi yang mutakhir untuk mendukung pertanian efektif, presisi, dan modern.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan dan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan ilmu komputer untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  5. Membangun kerja sama dalam rangka pengembangan, penyebaran, dan penerapan ilmu, metode, maupun teknologi dalam bidang ilmu komputer, khususnya dalam bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika modern, yang peduli terhadap kemaslahatan masyarakat.

Kemampuan Lulusan

A. Mampu mengidentifikasi permasalahan nyata, khususnya di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika modern, dan memberikan solusinya melalui pengembangan ilmu komputer dan penerapannya.

Capaian pembelajaran:

  • Mampu menyusun argumen ilmiah berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teorisesuai dengan kaidah yang terkandung di dalam falsafah sains.
  • Mampu mengembangkan dan atau menghasilkan pendekatan, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu komputer untuk menunjang perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya untuk mengembangkan sistem cerdas.
  • Mampu merencanakan peta jalan riset di bidang ilmu komputer berdasarkan perkembangan teknologi dan riset terkini.

B. Mampu memberikan solusi dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk memberikan perlakuan presisi dari hulu sampai ke hilir di bidang pertanian melalui pengembangan ilmu komputer dan penerapannya.

Capaian pembelajaran:

  • Mampu memberikan penyelesaian permasalahan melalui penerapan inter, multi atau transdisipliner
  • Mampu merancang dan melakukan riset di bidang ilmu komputer hingga menghasilkan karya ilmiah yang mempunyai nilai kreatifitas, keterbaruan, dan inovasi pada berbagai bidang khususnya yang mendukung bidang pertanian dan agroindustri modern
  • Mampu mentransfer pengetahuan bidang ilmu komputer kepada masyarakat ilmiah

C. Bersifat responsif dan terbuka terhadap perkembangan ilmu dan teknologi khususnya di bidang ilmu komputer, serta peduli terhadap kemaslahatan masyarakat.

Capaian pembelajaran:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, etika, baik etika umum, etika akademik, maupun etika profesi, taat hukum dan memiliki nasionalisme dan tanggung jawab untuk berkontribusi pada bangsa dan Negara
  • Bersikap jujur, mandiri, profesional, terbuka dan memiliki kepekaan social
  • Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset di bidang ilmu komputer yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia