Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

22septi selviani
 

Home / Alasan Memilih Ilmu Komputer IPB

 

IMG_7302_fhdr - compress

Mengapa Mempelajari Ilmu Komputer?

Komputer semakin melebur dengan kehidupan di segala aspek, persahabatan, pekerjaan, berita, lingkungan, bahkan pertanian. Kemampuan yang terkait dengan ilmu komputer menjadi kemampuan yang paling dicari oleh industri. Buktinya adalah 22 dari 25 kemampuan yang paling dicari di Industri berhubungan dengan ilmu komputer[1]. Jelas sekali bahwa di era modern ini, ilmu komputer telah menjadi kebutuhan dasar. Dengan kata lain, ada banyak kesempatan dan lapangan pekerjaan bagi Anda yang menekuni bidang ini.

Departemen Ilmu Komputer IPB merupakan departemen ilmu komputer di Indonesia yang menerapkan sistem mayor-minor. Hal ini memungkinkan terciptanya kolaborasi ilmu komputer dengan disiplin ilmu lain, khususnya ilmu-ilmu pertanian dalam arti luas.

Setelah Anda lulus dari Program Sarjana Ilmu Komputer, Anda akan dapat melakukan analisis, penerapan dan perbandingan algoritmik suatu model komputasi, menerjemahkan permasalahan dalam suatu bidang ilmu sehingga menjadi model yang dapat dikomputasikan untuk mendapatkan solusi yang optimum dari permasalahan tersebut, serta mengikuti program pendidikan lanjut dalam bidang komputer atau bidang ilmu lain yang memerlukan penguasaan metode kuantitatif dan algoritmik yang kuat.

Mengapa Memilih Ilmu Komputer IPB?

Ilmu Komputer IPB telah berdiri sejak tahun 1993. Dalam kurun waktu 23 tahun tersebut, Ilmu Komputer IPB telah menghasilkan lulusan yang memegang peranan penting di dunia teknologi informasi Indonesia, baik sebagai dosen, peneliti, praktisi, maupun wirausahawan.

Keunggulan Riset dan Akademik

Akreditasi

Departemen Ilmu Komputer selalu berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi dan terbaik bagi mahasiswa. Hal ini salah satunya dibuktikan oleh hasil akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT bagi Program Sarjana dan Program Magister Ilmu Komputer.

Staf pengajar di Departemen Ilmu Komputer terdiri atas 9 orang Doktor dan 21 orang bergelar Magister yang terbagi ke dalam 4 bagian keilmuan: Software Engineering and Information Science, Net-Centric Computing, Computational Intelligence, dan Applied Computing. Salah satu dari tugas keempat bagian ini adalah menjamin kualitas mata kuliah dan kurikulum di Ilmu Komputer IPB, terutama agar sesuai dengan standar internasional.

Kuliah Umum

Kuliah umum yang diisi oleh peneliti berkualitas dari dalam dan luar negeri secara rutin diselenggarakan di Departemen ini. Selain untuk menjalin hubungan kerja sama dengan perguruan tinggi dan institusi lain, kegiatan ini juga bermanfaat untuk membuka wawasan mahasiswa akan tren penelitian terbaru di bidang ilmu komputer.

Persentase Kelulusan Tepat Waktu yang Tinggi

Jumlah Lulusan Tepat Waktu

Melalui berbagai program unggulan seperti pelaksanaan Seminar Tugas Akhir Bersama (Mini-Conference), Departemen Ilmu Komputer berusaha mematahkan anggapan bahwa menjadi sarjana ilmu komputer memerlukan waktu yang lama. Melalui program-program tersebut, dalam 5 tahun terakhir, persentase kelulusan tepat waktu berhasil meningkat menjadi 72%. Capaian ini adalah yang tertinggi kedua di Institut Pertanian Bogor.

Prospek Karir yang Cemerlang

Terdapat permintaan yang tinggi pada lulusan ilmu komputer, baik di Indonesia maupun mancanegara. Sarjana ilmu komputer yang kompeten dicari hampir di semua bidang industri, layanan publik, pendidikan, dan lembaga penelitian. Berdasarkan hasil survey Kelly Service pada tahun 2013, penghasilan di bidang teknologi informasi termasuk tinggi dibanding bidang-bidang lainnya.

KellyServices

Serapan Industri yang Tinggi

Masa Tunggu Lulusan

Waktu tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan di pekerjaan pertama

Lulusan Ilkom IPB telah mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang singkat setelah kelulusan. Sebagian besar mahasiswa bahkan telah diterima bekerja sebelum dinyatakan lulus dari program sarjana. Sebanyak 52.1% lulusan memilih profesi sebagai programmer.

Pekerjaan

Bidang pekerjaan pertama

 

Dukungan bagi Kreativitas dan Prestasi Mahasiswa

Presetasi

Mahasiswa adalah pembawa perubahan. Ilkom IPB memahami hal tersebut dan memberikan dukungan maksimal bagi tumbuhnya kreativitas mahasiswa. Dukungan tersebut diwujudkan dalam kegiatan kemahasiswaan berupa komunitas peminatan yang secara rutin menyelenggarakan pelatihan, membuat karya, dan mengikuti beragam ajang kompetisi. Kerja sama dengan instansi di bidang technopreneurship juga telah dijajaki dan telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Melalui proses tersebut, puluhan prestasi telah diperoleh mahasiswa Ilkom IPB, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Selain itu, dalam lima tahun ke depan diharapkan muncul start-up baru dari lulusan Ilkom IPB.

Suasana Lingkungan yang Hijau dan Asri

Bogor adalah kotak yang sejuk dan nyaman sebagai tempat belajar. Kota Hujan ini terletak 53 kilometer di sebelah selatan Ibukota Jakarta. Kota ini kaya akan budaya dan nilai historis ini. Kedudukan geografi Kota Bogor di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya yang dekat dengan ibukota negara, Jakarta, membuatnya strategis dalam perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi.

IPB AsriKampus Institut Pertanian Bogor Darmaga terletak 12 kilometer dari pusat kota Bogor. Kampus ini memiliki lingkungan yang asri dan hijau, lingkungan yang nyaman untuk belajar. Keasrian kampus ini telah diakui secara internasional lewat penghargaan Peringkat 2 Green Metric World University Ranking Perguruan Tinggi di Indonesia.

Akomodasi

Kampus Institut Pertanian Bogor Darmaga dikelilingi oleh berbagai penginapan, kostan, dan apartemen yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal mahasiswa. Biaya sewa kostan sekitar 1.5-6  juta per tahun, tergantung pada posisi tempat tinggal dan jarak dari kampus. Biaya makan baik pada kantin kampus maupun sekitar kampus berkisar 7000-20000 rupiah. Akses internet telah tersedia di seluruh lingkungan kampus.

Biaya Pendidikan

Institut Pertanian Bogor memiliki kelas kategori SPP (sistem uang kuliah tunggal) paling banyak di Indonesia. Besarnya biaya per semester untuk Ilmu Komputer mulai dari 0 hingga 10 juta rupiah per semester. Peluang mendapatkan beasiswa sangat besar dengan sumber yang di antaranya berasal dari Beasiswa Utusan Daerah, Bidikmisi, VDMS, Satu Siklus S1 Pemprov Jabar, Satu Siklus S2 Pemprov Jabar, Pertamina Foundation, PT. Daya Adicipta Mustika, CIMB Niaga, Tanoto Foundation, Djarum, Karya Salemba Empat, dan IPMM SCHOLARSHIP. Persentase mahasiswa yang mendapatkan beasiswa di Institut Pertanian Bogor melebihi 50%.

Cara Mendaftar

Ada banyak jalur pendaftaran yang dapat ditempuh untuk diterima di Ilmu Komputer IPB, misalnya SNMPTN, SBMPTN, Beasiswa Utusan Daerah, Ujian Talenta Masuk IPB, Prestasi Internasional, Program Alih Jenis, dan Program Pascasarjana. Pendaftaran dilakukan secara terpusat oleh Institut Pertanian Bogor. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengakses Situs Admisi IPB.

Referensi:

  1. http://blog.linkedin.com/2016/01/12/the-25-skills-that-can-get-you-hired-in-2016/
 

Share This