Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

2 septi selviani
 

Home / Berita / Mahasiswa Ilmu Komputer Memimpin Tim Debat Djarum Foundation Meraih Penghargaan Internasional

 

Delegasi Djarum Foundation di The Asia-Pasific Model United Nations Conference (AMUNC) 2018 tanggal l 8-13 Juli 2018 di Sydney, Australia. Muhammad Murtadha Ramadhan, mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer Angkatan 51 (baris depan, kedua dari kiri) sebelumnya telah terpilih menjadi ketua delegasi.

Mahasiswa di bidang ilmu komputer sering dianggap kurang piawai berkomunikasi. Namun, tidak demikian halnya bagi Muhammad Murtadha Ramadhan (KOM51) yang mematahkan anggapan tersebut lewat beragam aktivitasnya yang gemilang. Kali ini, Ia sukses membawa timnya dari Djarum Foundation mendapatkan predikat Best English as an Additional Language or Dialect Delegation Award (EALD Delegation Award) pada kegiatan The Asia-Pasific Model United Conference (AMUNC) yang diselenggarakan di University of New South Wales, Sydney, Australia pada tanggal 8-13 Juli yang lalu. 

Pria yang akrab dipanggil Ado ini telah memiliki jam terbang sangat tinggi di kegiatan internasional. Sejak tingkat pertama, Ia aktif di IPB Debate Club (IDC) di bawah bimbingan Dra. Alfa Chasanah MA. Dengan modal semangat juang dan rasa percaya diri yang tinggi, sejak tingkat pertama, Ia dipercaya menjadi delegasi Institut Pertanian Bogor (IPB) ke berbagai kegiatan Model United Nation di berbagai negara. Kemampuan akademik dan komunikasi yang baik ini juga diiringi dengan kemampuan kepemimpinan yang dibuktikan dengan terpilihnya Ado sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer tahun 2017. Prestasi puncaknya selama menjadi mahasiswa diraih ketika ia terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana Terbaik Pertama yang mewakili Institut Pertanian Bogor di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional di tahun 2017. Dengan prestasi yang sangat gemilang ini, Ado dipercaya menjadi Ketua Delegasi Djarum Foundation di Bulan April yang lalu.

Mahasiswa Ilkom IPB Terpilih Menjadi Head Delegate Djarum Foundation Delegation di AMUNC 2018

Sembari mengerjakan tugas akhir di bidang data mining, Ado dan timnya yang berasal dari 8 universitas nasional terkemuka mengikuti latihan intensif yang diselenggarakan oleh para mentor di Djarum Foundation. Pelatihan tersebut meliputi public speaking, teknik negosiasi, diplomasi, politik internasional, dan seputar Persatuan Bangsa-Bangsa. Kemampuan tersebut merupakan kemampuan esensial yang diperlukan saat berdiskusi selayaknya seorang perwakilan negara di Persatuan Bangsa-Bangsa. Tentunya, sebagai sebuah kontingen, pelatihan ini juga dilakukan untuk memperkuat kekompakan tim demi melahirkan kontingen yang solid. 

Muhammad Murtadha Ramadhan, Mahasiswa Berprestasi Institut Pertanian Bogor

Pada saat sesi konferensi berlangsung, Ado mendapatkan topik mengenai environmental refugee di bawah The United Nations Refugee Agency (UNHCR). Environtmental refugee adalah mereka yang mengungsi dikarenakan perubahan drastis pada alam yang terjadi secara alami atau akibat campur tangan manusia. Menurut Ado, isu ini sangat krusial untuk ditangani bersama karena dampak perubahan iklim yang semakin terasa dan potensi konflik yang dapat ditimbulkan, terutama di negara berkembang. 

Rangkaian kegiatan tersebut memberi kesan tersendiri kepada Ado, yang terlihat dari tulisannya di halaman Facebook-nya:

Such a privilege to be grateful for to be one of selected delegates for International Exposure 2018 by @djarumbeasiswaplus . During this 4 weeks, I’ve gained many new insights that I have never known previously, attempt to improve my skills, and especially involve in a condusive environment along with bright-minded delegates and best facilitators to unlock potential to perform in AMUNC 2018, Australia.

Unique experience also came when we got special chance to visit United Nations Information Centre in Jakarta where delegation got special chance to interact and discuss international issues as well as making contribution to support International Day of UN Peacekeepers 2018 by sending message through short video. What a precious experience so far and looking forward to learn more ahead! #InternationalExposure #DjarumBeasiswaPlus @ UNIC Jakarta.

– Muhammad Murtadha Ramadhan

Kegiatan ini, akan menjadi kegiatan kemahasiswaan terakhir Ado selama menjadi mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer. Sebelum berangkat, Ado telah terlebih dahulu menyelesaikan sidang tugas akhirnya yang dibimbing oleh Muhammad Asyhar Agmalaro, MKom dan Dr Imas Sukaesih Sitanggang dan akan menempuh prosesi wisuda di bulan September. 

Murtadha berpose di depan signage University of New South Wales, tempat diselenggarakannya AMUNC 2018.

Selamat untuk Muhammad Murtadha Ramadhan dan timnya! Terima kasih atas kerja kerasnya untuk selalu menginspirasi orang lain menjadi lebih baik. 

  • Penasaran apa saja topik yang dibahas selama AMUNC? Kalian dapat membaca briefing papers yang disediakan oleh panitia AMUNC.
  • Ingin menjadi seperti Ado? Simak video wawancara berikut dari Ado tentang alasan mengapa seorang mahasiswa harus mencoba mengikuti kegiatan internasional.

 

Share This