Arsip

 

Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

4 (Custom)
 

Home / Berita / Kisah Muhammad Murtadha Ramadhan Menuju Pilmapres Nasional 2017

 

Pada tahun ini, Muhammad Murtadha Ramadhan, mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer Angkatan 51, terpilih menjadi mahasiswa berprestasi utama Institut Pertanian Bogor dan maju ke Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pemuda yang dipanggil Ado ini terpilih sebagai salah satu finalis dari 17 mahasiswa berprestasi berdasarkan seleksi awal yang diikuti oleh 143 perguruan tinggi nasional.

Untuk itu, Murtadha mempersiapkan diri untuk seleksi nasional, salah satunya dengan mengikuti konferensi ilmiah internasional untuk menambah poin prestasi. Murtadha mengikuti 2 konferensi sekaligus yaitu 15th International Conference on Researches in Science and Technology (ICRST) yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 23-24 Juni 2017 dan 2017 International Conference on Computer, Electronics and Communication Engineering (CECE2017) yang diadakan di Sanya, China pada 25-26 Juni 2017. Murtadha terpilih menjadi presenter pada 2 konferensi dan mempresentasikan 2 paper yang berbeda dengan judul ‘Classification Model for Hotspot Sequences as Indicator for Peatland Fires using Data Mining Approach’ dan ‘Hyperparameter Tuning in Random Forest based on Grid Search Method for Gender Classification based on Voice Frequency’. Kedua naskah tersebut ditulis di bawah bimbingan Dr Imas S Sitanggang.

Konferensi ilmiah tersebut diikuti oleh pelajar, akademisi, dan professional dengan dominan focus pada topik teknologi informasi. Peserta harus mengumpulkan paper beserta abstraknya untuk diseleksi menjadi presenter pada konferensi tersebut. Paper akan ditinjau oleh panitia konferensi dan peserta akan mendapatkan pengumuman apakah paper tersebut dapat dipresentasikan paper tersebut.  Kedua konferensi ilmiah internasional tersebut diikuti dari peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Iran, Turki, India, dan Pakistan. Pada konferensi ICRST, Murtadha menjadi presenter termuda dan berhasil menjadi salah satu dari dua orang ‘Best Presenter’.

Pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 11-13 Juli 2017, Murtadha menduduki peringkat ke-6 terbaik nasional. Walaupun belum berhasil mendapatkan peringkat tiga besar, pencapaian ini merupakan pencapaian mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer yang paling baik di ajang mahasiswa berprestasi. Pada kegiatan ini, M Wildan Fauzan, Mahasiswa Berprestasi Diploma IPB berhasil meraih peringkat ketiga terbaik nasional.

Selamat atas pencapaian ini!

 

Share This