Pra-Lokakarya Kurikulum S1 Ilmu Komputer

Pada hari Kamis, 6 Februari 2014 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB, Departemen Ilmu Komputer IPB menyelenggarakan Pra-Lokakarya Kurikulum S1 Ilmu Komputer. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperbaharui kurikulum agar kualitas pengajaran dan kualitas lulusan meningkat. Selain dihadiri oleh staf Departemen Ilmu Komputer, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan departemen lain dan Unit MKDU yang mengampu mata kuliah Tingkat Persiapan Bersama dan InterDept bagi mahasiswa S1 Ilmu Komputer.

 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Departemen Ilmu Komputer, Dr. Ir. Agus Buono M. Si, M. Kom. Ketua Departemen menjelaskan bahwa pra-lokakarya ini merupakan sebuah bukti keseriusan Departemen Ilmu Komputer dalam meningkatkan kualitas  lulusan dalam rangka menyongsong ASEAN Free Trade Area (AFTA) tahun 2015. Diharapkan dengan adanya kurikulum baru, lulusan sarjana Ilmu Komputer IPB dapat bersaing dengan lulusan-lulusan dari luar negeri. Ketua Departemen juga menambahkan bahwa kurikulum yang sedang dirancang akan mengikuti standar learning outcome dari ABET yang memiliki standar internasional.

 

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA IPB, Dr. Ir. Sri Nurdiati, M. Sc. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA menyambut secara positif acara pra-lokakarya kurikulum ini. Dekan FMIPA IPB menilai bahwa memang sudah seharusnya Lulusan-lulusan FMIPA IPB harus disiapkan untuk menghadapi persaingan bukan lagi untuk skala nasional, tapi juga untuk skala internasional. Dekan juga mengapresiasi langkah Departemen Ilmu Komputer untuk mencoba meraih akreditasi secara internasional. “Saya mendukung sepenuhnya”, ujar beliau. Kegiatan dilanjutkan dengan  presentasi mengenai learning outcome dan struktur kurikulum baru Program S1 Ilmu Komputer sekaligus penjelasan learning outcome mata kuliah dasar Program S1 Ilmu Komputer yang disampaikan oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Komputer IPB, Dr. Imas S Sitanggang, S. Si, M. Kom yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari tiap-tiap bagian mengenai kelompok mata kuliah di masing-masing bagian yaitu Bagian Komputasi Kecerdasan Komputasional yang disampaikan oleh Dr. Yeni Herdiyeni, S. Kom. M. Kom, Bagian Net-Centric Computation (NCC) yang disampaikan oleh Dr. Eng. Heru Sukoco, S. Si. M.T., Bagian Software Engineering and Information System (SEIS) oleh Irman Hermadi, S.Kom. M.S. dan Bagian Komputasi Terapan yang disampaikan oleh Dr.Eng. Wisnu Ananta Kusuma, S.T. M.T. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup dengan perumusan hasil pra-lokakarya.

 

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan Departemen Ilmu Komputer IPB semakin jaya !

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}