Peluncuran SAInS Resource Center dan FabLab Workshop

Pada Selasa, 7 Januari 2014 Rektor Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto telah meluncurkan SAInS Resource Center dan membuka FabLab Workshop yang dilaksanakan selama tiga hari. Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB dan Center for Envirenment, Economy & Society, Columbia University dengan dukungan USAID Indonesia. Turut memberikan sambutan adalah Dekan FMIPA, Dr. Sri Nurdiati serta Prof. Don Melnick dari Columbia University dan Dr. Emmanuella Delva dari USAID.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru dari tiga sekolah: SMAN 13 Jakarta, SMA Kornita Bogor, dan SMAN 1 Kepanjen, Malang serta perwakilan dari departemen-departemen di lingkungan FMIPA IPB. Dalam kegiatan ini, para peserta akan belajar menggunakan beberapa perangkat yang dapat membantu penyiapan perangkat pengajaran seperti 3D printer, milling machine, vinyl cutter, dan laser cutter. Para peserta kemudian diharapkan untuk mengadakan kegiatan pelatihan serupa untuk wilayah masing-masing.

Dengan kegiatan ini, diharapkan pendidikan bidang sains dan matematika di Indonesia dapat ditingkatkan. Dr. Nurdiati menekankan pentingnya hal ini terlebih mengingat hasil dari PISA 2013 yang menempatkan Indonesia pada posisi 64 dari 65 negara yang diukur. Prof. Melnick juga menyatakan bahwa upaya ini agar para siswa memiliki kemampuan yang dibutuhkan di masa depan. Dr. Delva pun menyampaikan bahwa program ini sesuai dengan strategi USAID di Indonesia dan diharapkan USAID dapat terus mendukung penyelenggaraannya.