Tentang Ilmu Komputer IPB

IMG_7261_fhdr_smallDepartemen Ilmu Komputer adalah salah satu dari 36 departemen di Institut Pertanian Bogor.  Saat ini Departemen Ilmu Komputer menyelenggarakan pendidikan Sarjana Ilmu Komputer (reguler dan alih jenis), Magister Ilmu Komputer (reguler dan program khusus), dan Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan (program khusus).

Pengajaran beberapa mata kuliah komputer di strata pendidikan S1 IPB telah diberikan sejak beberapa tahun yang lalu, antara lain di Departemen Statistika dan Departemen Matematika Fakultas MIPA, dan beberapa Departemen di Fakultas Teknologi Pertanian. Mata pelajaran ini diberikan secara terpisah oleh masing-masing program studi. Pada tahun 1990 Departemen Matematika FMIPA membuka program elektif Matematika Komputasi untuk mahasiswa program studi Matematika. Pada strata S0, pendidikan bidang komputer telah dimulai sejak tahun 1987/1988, berupa program studi D2 Informatika yang sejak tahun 1991/1992 bernaung di Fakultas MIPA. Tenaga pengajar program studi ini pada umumnya berasal dari Departemen Statistika dan Departemen Matematika FMIPA.

Pada tahun 1991/1992 Fakultas MIPA membentuk Koordinator Ilmu Komputer dengan tugas utama mengkoordinasikan pengajaran ilmu komputer di strata pendidikan S1 di lingkungan IPB dan mempersiapkan pembentukan Program Studi Ilmu Komputer. Dengan dibentuknya Koordinator Ilmu Komputer ini, maka kegiatan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu komputer dil ingkungan IPB akan dapat lebih ditingkatkan.

Peningkatan pelayanan ini dapat dilakukan dengan bertambah banyaknya staf pengajar di bidang ilmu komputer. Pada tahun 1998, IPB telah memiliki 10 staf pengajar yang telah menyelesaikan S2 dan S3 di bidang komputer/informatika. Keseluruhan staf pengajar ini telah menyelesaikan studi di berbagai universitas di luar negeri di bawah program New-S1 Computer Science yang dibiayai oleh World Bank XVII. Selain itu IPB juga memiliki beberapa tenaga pengajar senior yang memiliki latar belakang yang kuat di bidang aplikasi komputer.

Ketersediaan staf pengajar di dukung pula oleh tersedianya perangkat keras yang diperlukan untuk praktikum. Beberapa laboratorium komputer yang potensial untuk digunakan pada tahap awal, antara lain ialah UPT Komputer IPB, Laboratorium Komputer Departemen Statistika, Laboratorium Komputer Departemen Matematika, Laboratorium Komputer Program Studi D2 Informatika FMIPA, dan Laboratorium PAU Biologi. Sementara itu untuk semester genap tahun ajaran 1994/1995 Program Studi Ilmu Komputer telah memiliki Laboratorium Komputer sendiri.

Pada tahun ajaran 1992/1993 pengajaran mata pelajaran ilmu komputer telah dikoordinasikan sebagai paket mata ajaran untuk mahasiswa tingkat II Departemen Statistika dan Departemen Matematika FMIPA. Di samping itu pengajaran Pengantar Ilmu Komputer untuk departemen lain di FMIPA juga telah dilaksanakan melalui koordinasi ini.

Program Studi Ilmu Komputer FMIPA mulai dibuka pada tahun ajaran 1993/1994. Di samping itu pelayanan pengajaran beberapa mata pelajaran bidang komputer untuk berbagai departemen di lingkungan IPB telah dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan perkembangan sarana dan fasilitas pendidikan yang diperlukan serta ketersediaan staf pengajar.

Pada tanggal 17 September 1998 Program Studi Ilmu Komputer ditetapkan menjadi Departemen Ilmu Komputer di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB melalui SK Rektor IPB No. 095/K.13/HK/OT/1998. Mandat yang diberikan kepada Departemen Ilmu Komputer adalah pengembangan ilmu komputer dan aplikasinya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Pada bulan September 2004 kantor Departemen Ilmu Komputer yang sebelumnya berlokasi di Kampus IPB Baranangsiang pindah lokasi ke Kampus IPB Darmaga. Akan tetapi untuk pelaksanaan perkuliahan Program Pasca Sarjana masih dilaksanakan di Kampus IPB Baranangsiang.

IMG_7302_fhdr - compress

Visi :

Pada tahun 2020 menjadi departemen terkemuka sebagai pelopor dalam bidang ilmu dan teknologi komputer untuk mendukung pertanian modern di tingkat regional (Asia Tenggara) dengan sistem pengelolaan yang berstandar internasional

Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang handal, responsif, adaptif dan inovatif terhadap ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu dan teknologi komputer yang berperan dalam mewujudkan pertanian modern khususnya dan bidang lain pada umumnya serta memiliki jiwa kewirausahaan;
  • Berperan aktif dalam pengembangan ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu komputer dan teknologi komputer melalui penelitian mutakhir;
  • Berperan aktif dalam penyebarluasan ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu komputer serta penerapannya melalui publikasi ilmiah baik dalam bentuk jurnal maupun seminar ilmiah, kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat.

ISOKebijakan Mutu Departemen Ilmu Komputer

“Dengan komitmen yang tinggi terhadap mutu, Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor, secara efisien dan akuntabel menghasilkan lulusan yang handal, responsif, adaptif, dan inovatif terhadap ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu dan teknologi komputer yang berperan dalam mewujudkan pertanian  modern khususnya dan bidang lain pada umumnya serta memiliki jiwa kewirausahaan”. Untuk mencapai tujuan tersebut maka Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB:

  1. Berpedoman pada aturan yang berlaku.
  2. Memonitor penerapan Sistem Manajemen Mutu serta memperbaiki sistem dan pelayanan secara berkesinambungan.
  3. Meningkatkan kualitas masukan dan proses akademik dan non-akademik.
  4. Meningkatkan kualitas penelitian untuk menunjang proses akademik.
  5. Meningkatkan jumlah publikasi, sitasi, dan penerapan teknologi.
  6. Meningkatkan kegiatan pembangkitan pendapatan dan kesejahteraan.
  7. Menyelenggarakan pelayanan pendidikan secara tertib dan akuntabel.
  8. Menyediakan dan melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana yang memadai.
  9. Mengomunikasikan kebijakan mutu ini kepada para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Kebijakan ini akan selalu ditinjau dan dievaluasi sesuai dinamika perkembangan proses pendidikan.

Disahkan di Bogor pada tanggal 6 September 2014

Ketua Departemen

 

Dr. Ir. Agus Buono, MSi, MKom
NIP. 19660702 199301 1 001

SASARAN MUTU DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER

NOSASARAN MUTU
1Tingginya rasio pelamar program S1 terhadap yang diterima
2Rasio jumlah mahasiswa S1 dan dosen sebidang yang ideal untuk menunjang kegiatan pembelajaran
3Kelengkapan mata kuliah berupa GBPP, SAP dan modul terkini tersedia untuk semua mata kuliah
4Kegiatan akademik dan non-akademik didukung oleh sistem informasi yang memadai
5Peningkatan kepuasan mahasiswa terhadap kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik
6Peningkatan persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu
7Peningkatan IPK lulusan
8Peningkatan rata-rata IPK lulusan
9Masa tunggu kerja lulusan yang singkat
10Peningkatan penyerapan lulusan di dunia kerja
11Peningkatan presentasi lulusan S1 yang menjadi wirausahawan
12Peningkatan jumlah dosen memiliki EPBM di atas 3
13Peningkatan Indeks Kinerja Dosen
14Peningkatan Indeks Kinerja Tenaga Kependidikan
15Peningkatan jumlah dosen yang memiliki gelar Doktor (S3) sesuai bidang
16Peningkatan jumlah tenaga kependidikan yang memiliki sertifikat profesi di bidang kerjanya
17Terjalin dan terpeliharanya jaringan alumni

Mandat :

Mengembangkan ilmu komputer dan aplikasinya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT)

Tujuan :

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang ilmu dan teknologi komputer dan mampu:
    • Melakukan analisis, penerapan dan perbandingan algoritmik suatu model komputasi;
    • Melakukan kajian suatu model komputasional baik secara teoretis maupun algoritmik untuk pengembangan metodologi yang lebih efisien, akurat, mutakhir dan cepat.
    • Menerjemahkan permasalahan dalam suatu bidang ilmu sehingga menjadi model yang dapat dikomputasikan untuk mendapatkan solusi yang optimum dari permasalahan tersebut;
    • Mengikuti program pendidikan lanjut dalam bidang komputer atau bidang ilmu lain yang memerlukan penguasaan metode kuantitatif dan algoritmik yang kuat.
  2. Mewujudkan terselenggaranya pendidikan berkualitas melalui ketersediaan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan didukung oleh sistem tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan berkeadilan.
  3. Menghasilkan dan menyebarluaskan penelitian yang bermutu di bidang ilmu dan teknologi komputer, serta membangun iklim akademik yang kondusif bagi peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian teknologi informasi.
  4. Menyebarluaskan penerapan bidang ilmu dan teknologi komputer melalui kegiatan kerja sama dengan institusi lain baik di dalam maupun luar negeri, berdasarkan SK BAN-PT No. 4127/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017, Program Studi Sarjana Ilmu Komputer memperoleh Akreditasi A (Sangat Baik).