Kurikulum Program Sarjana Kecerdasan Buatan

Struktur Kurikulum

Program Studi S1 Kecerdasan Buatan dirancang untuk diselesaikan dalam waktu 8 semester. Kurikulum Kecerdasan Buatan kami dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif melalui tujuh kelompok keilmuan yang berbeda, meliputi:

  1. Fundamental Ilmu Komputer: Algoritma dan Dasar Pemrograman, Struktur Data, Aljabar Linier untuk Komputasi, Teori Peluang, Struktur Diskret, Basis Data, Teknik Inferensi Statistika.
  2. Fundamental Perangkat Lunak: Struktur Data, Pemrograman, Pemrograman Berorientasi Objek
  3. Pemodelan Sistem: Sistem Cerdas, Machine Learning, NLP, Sains Data, Deep Learning, AI Capstone Project, Bioinformatika Terapan
  4. Arsitektur Sistem dan Infrastruktur: Internet of Things (IoT), Sistem Multi-Agen, Pemrograman Paralel dan Terdistribusi
  5. Pengembangan Perangkat Lunak: Rekayasa Perangkat Lunak, Perancangan Produk Kecerdasan Buatan untuk Pertanian, Visi Komputer
  6. Perangkat Keras: Robotika
  7. Pengguna dan Organisasi: Desain Pengalaman Pengguna

Program Studi Kecerdasan Buatan di IPB menggunakan pendekatan studi Interdisiplin yang melibatkan integrasi Ilmu Komputer dan bidang ilmu lain khususnya di bidang Pertanian untuk pengembangan teknologi AI yang inovatif. Pendekatan interdisiplin diterjemahkan ke dalam interdisciplinary courses yang melibatkan program studi lain dalam merumuskan kurikulum mata kuliah untuk mendukung penyelesaian permasalahan khususnya dalam bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika dengan pendekatan kecerdasan buatan melalui aktivitas pembelajaran berbasis masalah (problem-based), studi kasus (case study) dan proyek (project-based).


Distribusi Mata Kuliah Tiap Semester

Susunan mata kuliah per semester PS S1 Kecerdasan Buatan IPB

SemesterNama Mata KuliahBobot SKSPrasyarat
TeoriPraktik
I
IPB100-104Agama21
STA111Statistika dan Analisis Data30
IPB108Bahasa Inggris11
KIM104Kimia Sains dan Teknologi21
IPB113Pertanian Inovatif20
MAT102Matematika dan Berpikir Logik21
KPM131Sosiologi20
IPB112Olahraga dan Seni01
Total Semester 1145
II
IPB114Pendidikan Kewarnegaraan10
IPB111Pendidikan Pancasila10
BIO102Biologi Dasar21
MAT103Kalkulus I21
EKO101Ekonomi 20
KOM1102Berpikir Komputasional20
IPB106Bahasa Indonesia11
FIS104Fisika Sains dan Teknologi21
KOM120BAlgoritma dan Dasar Pemrograman21
Total Semester 2155
III
KOM209Struktur Diskret30MAT102
KEB331Aljabar Linier untuk Komputasi21
STA202Teori Peluang21MAT103
KOM231Rekayasa Perangkat Lunak21
KOM207Struktur Data21
KOM208Pemrograman21KOM120B
KOM205Basis Data21
Total Semester 3156
IV
KEB341Pemrograman Berorientasi Objek21KOM208
KEB342Bioinformatika Terapan21
KOM320Sistem Cerdas21KOM208, KOM209
KEB343Desain Pengalaman Pengguna21
KEB344Internet of Things (IoT)21
KEB345Pemrograman Paralel dan Terdistribusi21
KEB346Sains Data21STA111, KOM205
Total Semester 4146
V
STA203Teknik Inferensi Statistika21STA202
KEB352Robotika21
KEB354Pembelajaran Mesin21KOM208
KEB355Perancangan Produk Kecerdasan Buatan untuk Pertanian20
KEB351Sistem Multi-Agen21
EC3
Total Semester 5135
VI
KEB363Kecerdasan Buatan untuk Pertanian21
KEB361Visi Komputer21KEB331
KEB364Pemrosesan Bahasa Alami21
KEB362Deep Learning21KEB354
KEB398Metode Penelitian dan Telaah Pustaka20
KEB496Proyek Capstone Kecerdasan Buatan*07
EC3
Total Semester 61311
VII
KEB497Kolokium01
IPB400KKN Tematik04
EC3
EC3
EC3
EC3
Total Semester 7125
VIII
KEB498Seminar01
KEB499Tugas Akhir**04
Total Semester 805
Total SKS9648144

Keterangan

*Mahasiswa dapat memilih antara Capstone Project, Praktek Kerja Lapang, dan Magang. Mata kuliah magang dapat dikonversi menjadi 7 SKS. Adapun Capstone Project dan Praktik Kerja Lapang setara dengan 4 SKS. ** Tugas Akhir dan Capstone Project dirancang dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL)