Departemen Ilmu Komputer IPB Berhasil Rilis Aplikasi untuk Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Tim Peneliti Ilmu Komputer IPB yang diketuai oleh Prof. Dr. Imas Sukaesih Sitanggang, S.Si, M.Kom, telah berhasil merilis Sistem Informasi Patroli Pencegahan (SIPP) Karhutla sebagai salah satu upaya yang mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia. Berdasarkan laporan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK), pada tahun 2015 sampai dengan 2019, Indonesia terus mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan. Pada tahun 2015 angka kebakaran hutan dan lahan mencapai angka 2,6 juta ha. Sedangkan pada 2019, angka kebakaran hutan dan lahan mencapai angka 1,6 juta ha (MenLHK 2019). Menindaklanjuti hal tersebut, KLHK melakukan berbagai upaya untuk mencegah, menanggulangi dan melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) salah satunya adalah dengan melakukan patroli. 

SIPP Karhutla terbagi menjadi 2 bagian yaitu aplikasi mobile berbasis android yang digunakan oleh tim patroli yang dinamakan Aplikasi Patroli Karhutla dan aplikasi web untuk melakukan manajemen laporan dari patroli yang telah dilakukan. SIPP Karhutla akan mencatat dan melaporkan tindakan real-time dari patroli pencegahan kebakaran berdasarkan 79 parameter untuk memungkinkan pencegahan, deteksi, dan pemadaman dini kebakaran dengan lebih baik. Ini memiliki tiga komponen utama: situs web, database, dan aplikasi seluler. Situs web dan basis data akan membantu pengembangan kebijakan dan pengambilan keputusan tentang manajemen kebakaran, dan aplikasi seluler, yang pada awalnya hanya akan tersedia untuk pejabat manajemen kebakaran, memungkinkan pemadam kebakaran untuk melaporkan kebakaran hutan. Data yang terkumpul akan dianalisis dan dikomunikasikan kepada semua pemangku kepentingan, termasuk masyarakat.

Telah diinisiasi sejak 2018, aplikasi Patroli Karhutla resmi diluncurkan pada 29 Juni 2022 oleh Rektor IPB di IPB Convention Center, Bogor pada acara Seminar Nasional Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan 2022 dengan tema Kebijakan, Pendekatan Sosial, dan Inovasi Teknologi dan Peluncuran Sistem Informasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (SIPP Karhutla) – SMART Patrol Information System. Aplikasi Patroli Karhutla dikembangan atas kerjasama dengan Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB dan Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan didukung oleh International Tropical Timber Organization (ITTO) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Aplikasi Patroli Karhutla sudah dirilis di Google Playstore dengan penggunanya adalah Tim Manggala Agni selaku tim patroli pencegahan karhutla, diharapkan dengan adanya aplikasi ini tim Manggala Agni akan terbantu untuk melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

https://youtu.be/pTyjPUIeTl0
https://youtu.be/2BH0O0WfshE