Digital Ag Learning Series: CultivHacktion- Data Hackathon: Harvesting Innovations for Agricultural Transformation in Indonesia

“CultivHacktion merupakan awal dari serangkaian upaya inovatif untuk mengoperasionalkan pertanian berbasis data di tingkat nasional dan provinsi, dimulai dari sektor hortikultura Jawa Barat.”

World Bank mendukung Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk memfasilitasi dan mengkatalisasi inovasi, modernisasi, dan kewirausahaan sektor pertanian melalui pemanfaatan data dan teknologi digital. Pertanian digital adalah penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan hasil pertanian, efisiensi, pendapatan, dan profitabilitas. Selain itu, pertanian digital memberikan peluang untuk menarik generasi baru petani dan pengusaha pertanian. Untuk mengoperasionalkan dan memanfaatkan sepenuhnya teknologi digital di sektor pertanian dan pangan, “ekosistem pertanian digital” harus ada. Bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI, World Bank mengembangkan strategi pertanian digital untuk Data Platform yang akan menjadi fondasi bagi solusi dan inovasi digital.

Tim Data Hackathon menyebut inisiatif ini “CultivHacktion” yang merupakan kombinasi dari “Cultivate” + “Hackathon” + “Action”.

Dengan aspirasi itu, CultivHacktion akan berfungsi sebagai platform bagi inovator muda untuk bekerja sama dengan Kementan RI dan mengatasi pernyataan masalah ini dengan kumpulan data dan menunjukkan solusi yang layak. CultivHacktion merupakan awal dari serangkaian upaya inovatif untuk mengoperasionalkan pertanian berbasis data di tingkat nasional dan provinsi, dimulai dari sektor hortikultura Jawa Barat. Ini adalah pendekatan crowdsourcing dan percontohan dengan solusi pertanian digital yang menjanjikan yang dapat ditingkatkan dan diarusutamakan di bawah ICARE project.

Dalam webinar ini, mitra strategis kami – Microsoft, TaniHub, IPB University, Grow Asia, Data Science Indonesia (DSI), FAO, dan Plug and Play berbagi bagaimana mereka bersatu untuk mendukung Data Hackathon dan berbagi highlight tentang inovasi pertanian digital mereka.

Untuk menonton webinar ini dapat klik di sini
Informasi mengenai submisi proposal Hackathon dapat kunjungi ke www.cultivhacktion.id

Sumber: https://olc.worldbank.org/content/digital-ag-learning-series-cultivhacktion-data-hackathon-harvesting-innovations-agricultural