Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

38 (Custom)
 

Home / Alumni

 

Himpunan Alumni

Hasil pelacakan alumni telah dimanfaatkan untuk perbaikan pada berbagai aspek, meliputi: pembelajaran, penggalangan dana, informasi pekerjaan, dan pembangunan jejaring.Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik :

  •  Peranan Alumni dalam Pembelajaran                                                                                                             Peranan alumni dalam kegiatan pembelajaran antara lain menjadi pembimbing lapangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di instansi tertentu. Dengan demikian, alumni memiliki peranan dalam proses pembelajaran mahasiswa ketika mengambil salah satu mata kuliah yang ada di departemen ilmu komputer, yaitu Praktik Kerja Lapangan.
  • Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik                                                                                           Peranan alumni dalam penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik diantaranya: pemberian dana dalam bentuk buku yang diberikan ke perpustakaan Departemen Ilmu Komputer.

Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan non-akademik :

  • Peranan Alumni dalam Penggalangan dana
    Dalam hal penggalangan dana, alumni departemen ilmu komputer memiliki mekanisme penggalangan dana untuk beberapa kegiatan seperti bantuan beasiswa dan acara temu alumni.
  • Informasi Pekerjaan
    Alumni departemen ilmu komputer senantiasa memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui milis. Informasi ini disampaikan dengan memberikan informasi perusahaan tempat berkerja dan posisi yang akan ditempati.

Alumni FMIPA
Sejak berdirinya FMIPA IPB tigapuluh tahun yang lalu sampai dengan saat ini sudah melahirkan ribuan alumni; hampir semuanya telah berkiprah di dunia kerja. Saat ini mayoritas alumni bekerja di berbagai instansi pemerintahan dan maupun swasta. Para alumni ini bekerja di berbagai kementerian negara, badan pemerintahan, perguruan tinggi, perbankan, agroindustri, dan masih banyak lagi.

Sebagian alumni juga memilih untuk bekerja di bidang bisnis (dunia usaha atau dunia industri – DUDI), baik sebagai staf (employee) maupun sebagai pemilik/pengusaha (owner). Posisi sebagai employee atau owner memang bergantung pada tipe alumni yang bersangkutan, yaitu tipe job seeker atau job creator. Secara harafiah, job creator adalah alumni yang mampu menciptakan lapangan kerja baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Dengan kata lain, menjadi pengusaha. Dalam perkembangannya, tidak sedikit alumni yang tadinya bertipe job seeker pada akhirnya beralih menjadi job creator.

Masih terdapat pandangan awam bahwa MIPA merupakan ilmu yang “kering” dalam artian kurang dapat memberikan dukungan untuk kehidupan masa depan yang layak. Selain itu, terdapat anggapan bahwa disiplin ilmu MIPA kurang dapat diaplikasikan dalam dunia kerja baik di sektor pertanian secara khusus maupun sektor-sektor lainnya secara umum. Hal ini mengindikasikan perlunya pemutakhiran kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan di dunia kerja agar lahan yang tadinya “kering” menjadi lahan “basah”.

Produk dari perguruan tinggi adalah lulusannya (alumni) dan hasil penelitiannya (produk pengetahuan). Jumlah alumni IPB dalam sepuluh tahun terakhir (2002/2003 s.d. 20011/2012) ialah sebesar 4.160 alumni (Gambar 1). Apabila 2% dari total alumni dasawarsa terakhir menjadi pengusaha (DUDI) maka sekitar 83 alumni telah menjadi pengusaha. Menurut penelitian para ahli ekonomi dan bisnis, suatu negara yang maju dan sejahtera dapat diamati dari berapa besar jumlah pengusahanya, yaitu minimal 2% dari total penduduknya.

 

Share This