LOKAKARYA KURIKULUM  PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMPUTER SEKOLAH SAINS DATA, MATEMATIKA DAN INFORMATIKA


Bogor, 7 September 2024.
Program Studi Magister Ilmu Komputer, Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika menyelenggarakan Lokakarya Evaluasi Kurikulum pada tanggal 7 September 2024 di Gedung Science and Techno Park – IPB University. Lokakarya ini dibuka oleh Dekan Sekolah Sains Data, Matematika dan Informatika IPB yaitu Prof Dr Agus Buono, MSi, MKom, dan dihadiri oleh alumni MKOM baik secara daring maupun luring, dosen Ilmu Komputer, perwakilan mahasiswa MKOM, serta narasumber yaitu akademisi, praktisi dan pengguna lulusan. 

Sebagai penyelenggara akademik, kegiatan lokakarya ini sangat penting untuk mendapatkan umpan balik dari berbagai stakeholder terkait dengan kurikulum yang saat ini berjalan. Lokakarya kali ini mengundang empat narasumber antara lain
1. Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom
  (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia)
2. Dr. Eng Anto Satriyo Nugroho, B.Eng., M.Eng.
   (Kepala Pusat Riset Kecerdasan Artifisial dan Kemanan Siber)
3. Dr. I Ketut Agung Enriko
   (Senior Manager Research & Innovation Management System, Telkom Indonesia)
4. Dr. Eneng Tita Tosida, M.Si., M.Kom
    (Dosen Universitas Pakuan Bogor) 

Prof Nizar memberikan penekanan pada bagaiaman mengembangakan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) serta bagaimana memetakan antara CPL dan CPMK. Dr. Anto memberikan banyak memberikan masukan agar membedakan antara program magister by research dan reguler. Dalam paparannya Dr. Enriko mengusulan terminologi Agritech pada kurikulum Magister Ilmu Komputer.  Sementara Dr. Eneng banyak memberikan masukan agar karya karya yang dihasilkan mahasiswa master juga dapat memberikan manfaat bagi society, atau bahkan masyarakat yang lebih luas. 

Hasil lokakarya akan menjadi bahan perbaikan kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer SSMI IPB.