Pelatihan dan Simulasi Tes TOEFL

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer bekerja sama dengan Leader English Bogor melaksanakan pelatihan dan simulasi Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Pelatihan ini dilaksanakan di Departemen Ilmu Komputer pada hari Minggu, 12 Mei 2019 pukul 13.00 – 17.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh empat puluh orang mahasiswa program sarjana.

Dalam kegiatan tersebut, mentor dari Leader English Bogor, Dennis Andreas terlebih dahulu menjelaskan hal-hal penting yang perlu dikuasai untuk dapat memperoleh hasil maksimal dalam tes TOEFL. Seringkali, ujar pria lulusan Institut Pertanian Bogor ini, peserta ujian tidak memahami aturan dan bentuk soal dengan baik sehingga performanya tidak maksimal. Padahal, apabila peserta melakukan persiapan dengan baik dan mengetahui hal-hal yang diujikan serta bentuk soal, capaian mereka biasanya akan lebih tinggi.

Usaha ini dilaksanakan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris mereka. Seperti yang diketahui, kemampuan berbahasa Inggris sangatlah penting terutama di zaman yang memungkinkan kolaborasi secara digital. Bahkan walaupun bekerja di dalam negeri, seringkali muncul tuntutan untuk berbahasa Inggris dalam bekerja.

Menurut Komisi Kemahasiswaan dan Disiplin Departemen Ilmu Komputer, Bapak Auzi Asfarian, banyak lulusan yang mengaku menyesal tidak serius melatih kemampuan bahasa Inggris-nya selama menjadi mahasiswa. “Kebanyakan dari mereka terlambat menyadari pentingnya kemampuan ini. Akhirnya, mereka terkendala di dunia kerja. Walaupun kemampuannya bagus, tapi karena mereka tidak percaya diri berkomunikasi dalam bahasa Inggris, banyak peluang bagus akhirnya tidak dapat mereka ambil. Padahal, tidak perlu fasih sekali, cukup percaya diri dalam berbahasa Inggris.”

Walaupun nilai TOEFL belum tentu menjami seseorang fasih dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, nilai tersebut dapat menjadi sebuah panduan bagi seseorang untuk memahami kemampuan bahasa Inggris-nya saat ini. Melihat besarnya animo peserta pada sesi latihan kali ini, kegiatan serupa akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020.

Tags

Leave a comment