Mahasiswa IPB Sabet Medali Emas di Cabang Data Mining Gemastik XI

Tim Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang beranggotakan Adi Rizka, Kevin Joshua dan Saeful Ramadhan menyabet medali emas Kategori Data Mining pada kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi (Gemastik) 2018. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kemenristekdikti bertempat di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, pada tanggal 2-4 November 2018.

Mereka berhasil mengalahkan 139 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada babak penyisihan, ,ereka mengajukan makalah mengenai prediksi kecepatan angin di Kabupaten Bogor melalui set data yang didapatkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sekitar bulan Agustus-September. Hasilnya berupa himbauan kepada masyarakat Kabupaten Bogor akan bencana angin kencang.

Pada saat final, selama enam jam mereka harus mengolah set data yang diberikan juri sekreatif mungkin untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Data pada tahun ini adalah data publikasi pada jurnal. Kevin mengaku bahwa data tersebut di luar dugaan. “Apa yang kita dapatkan ini di luar dugaan, karena saat grand final, tiga jam pertama kami struggling banget untuk mengolah data. Set data yang dikasih sangat sulit dan “kotor” sehingga harus melakukan cleaningbesar-besaran,” tegas Kevin.

Menurutnya, berkat pelatihan dan persiapan yang cukup matang, Tim IPB dapat lolos ke babak lima besar untuk mempresentasikan hasil data olahan saat grand final.“Berkat tim yang kompak, pembagian tugas yang tepat sesuai kemampuan masing-masing, serta kekuatan doa, tim kami mendapatkan juara. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan Departemen Ilmu Komputer dan pelatihan dari Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB,” pungkas Adi.

Tags

Leave a comment