Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

22 (Custom)
 

Home / Berita / Mahasiswa Ilkom IPB Mengembangkan Aplikasi untuk Membantu Tuna Rungu Mengikuti Pilkada

 

Mahasiswa Ilmu Komputer IPB memperoleh Juara 1 di Lomba Pendukung Aplikasi untuk Tuna Rungu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Tim terdiri atas Yasmin Salamah (KOM54), Wardiman Perdian (KOM53), dan Fajar Maulana (KOM52). Di kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Barat bersama dengan Telkom University ini, ketiganya mengembangkan aplikasi untuk mensosialisasikan visi misi calon gubernur dan tata cara pemilihan umum. Aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan angka partisipasi di kalangan penyandang disabilitas di pilkada dan pemilu.

Setelah sebelumnya lolos babak penyisihan dengan mengirimkan proposal dan prototipe aplikasi, ketiganya diundang bersama empat tim lainnya di Telkom University, Bandung. Dewan Juri terdiri atas H Ferdhiman Bariguna (Komisioner KPU Jabar), Dr Maman Abdurrohman (Dekan Fakultas Informatika Telkom University), dan Billy Birlan Purnama (Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia.

Ketiganya mengaku terkejut dengan keputusan dewan juri, pasalnya sampai sehari sebelum presentasi pun ketiganya masih berusaha menyelesaikan aplikasi yang akan dipresentasikan. Walaupun sempat mengaku sangat tegang saat presentasi, ketiganya tetap mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri dan menerima masukan-masukan untuk pengembangan aplikasi. Masukan dan saran yang mereka peroleh dari dosen, Dr Yani Nurhadryani (Pakar E-Government IPB) dan Auzi Asfarian, MKom (Dosen User Experience) mereka akui menjadi bekal yang ampuh untuk menjawab pertanyaan juri.

Selanjutnya, aplikasi ini diharapkan untuk dapat digunakan di Pilkada Jabar yang akan segera diselenggarkaan. Selamat dan sukes!

Berita terkait:

 

Share This