Arsip

 

Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

19 septi selviani
 

Home / Berita / KONTINGEN IPB RAIH 5 BESAR NASIONAL DI GEMASTIK 2016

 

IMG_0422

Gemastik atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenristek Dikti. Pada tahun ke-9 ini, Universitas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Gemastik yang kali ini mengangkat tema “Enabling Smart Society through ICT” menyelenggarakan 10 kategori lomba yang terdiri dari Pemrograman, Pengembangan Perangkat Lunak, Data mining, Keamanan Jaringan & Sistem Informasi,Animasi, Piranti Cerdas & Embedded System, Desain User Experience, Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan e-Government. Menurut Yugo Irsal selaku ketua panitia, tercatat 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah mendaftarkan pada 10 kategori lomba GEMASTIK.

Pada babak final, kontingen IPB mengirimkan 7 kelompok yang tersebar pada 4 kategori lomba yaitu Data mining, keamanan jaringan dan sistem informasi, pengembangan aplikasi permainan, dan desain user experience. Sebelum bertanding di babak final Gemastik, kontingen IPB menjalani pembinaan dan karantina secara intensif di Departemen Ilmu Komputer IPB dibimbing oleh dosen-dosen ahli di lingkungan Departemen Ilmu Komputer. Pembinaan dan karantina intensif ini meliputi penajaman ide, pelatihan presentasi, pengembangan produk dan latihan problem solving.

Pada akhir kegiatan lomba, tim IPB dengan nama “0x6e647268” pada kategori keamanan jaringan dan sistem informasi berhasil meraih juara 3, tim GreatIDEA meraih juara 2 pada kategori Desain User Experience dan BitArt Labs berhasil meraih juara 2 pada kategori pengembangan aplikasi permainan. Dengan perolehan tersebut, Kontingen IPB meraih peringkat 4 nasional.

 

Selamat atas pencapaian IPB di GemasTIK 9 Universitas Indonesia. Kompetisi nasional di bawah DIKTI ini setiap tahun diikuti oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, ada 2307 kelompok dari 119 perguruan tinggi yang mengikuti babak penyisihan. Alhamdulillah tahun ini IPB berhasil mendapatkan 2 medali perak (pengembangan aplikasi permainan dan desain user experience) dan 1 medali perunggu (keamanan jaringan) mengantarkan IPB ke posisi 4 di GemasTIK 9 ini. Medali Perak Pengembangan Aplikasi Permainan: Sigit Prabowo, Noer Dzaky, Hana Hanifah (KOM). Medali Perak Desain User Experience: Saiful Jais, Addinul Masri, M Agung Sundoro (KOM). Medali Perunggu Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi: Herdian Nugraha (KOM). Selamat dan sukses bagi seluruh pemenang serta seluruh finalis yang bertanding.

A photo posted by Ilmu Komputer IPB (@ilmukomputeripb) on

Para pemenang juara I, II, dan III pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa piagam dan uang tunai masing-masing senilai Rp11 juta, Rp8 juta, dan Rp5 juta. Selain itu, tim BitArt Labs juga memperoleh WildCard Ticket ke Semi Final Microsoft Imagine Cup Indonesia. Selamat untuk kontingen Gemastik IPB !

 

Share This