Dua Mahasiswa Ilmu Komputer IPB Meraih Juara 2 di Samsung IdeAction dengan Aplikasi Virtual Fitting

2033215-1030x688

Duo mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer berhasil meraih Juara 2 di kompetisi Samsung IdeAction yang diselenggarakan di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2016 ini diselenggarakan oleh Samsung Indonesia. Dita Utami Putri dan Exclesia Kristianingtyas, dua mahasiswi yang saat ini duduk di tingkat tiga ini mengusung ide Fit Me, aplikasi virtual fitting online.

Proposal yang diangkat dari tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia-Komputer ini dikumpulkan ke penyelenggara kompetisi. Tanpa diduga sebelumnya, proposal tersebut berhasil terpilih menjadi tujuh proposal terbaik mengalahkan 718 proposal yang masuk dari 12 universitas di Indonesia. Tim juri terdiri atas Vebbyna sendiri, VP Research & Development Samsung Indonesia Alfred Boediman, Peneliti Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI Ir. Abdul Hapid, Founder OMG! Creative Consulting Yoris Sebastian, dan Founder DailySocial.net Rama Mamuaya.

Setelah berhak menjadi finalis, Fit Me memperoleh pendanaan awal sebesar lima juta rupiah untuk penyempurnaan ide di proposal. Pembinaan selama tiga minggu dilakukan di Ilmu Komputer IPB dilakukan oleh tim dosen dan asistem pengajar Mata Kuliah Interaksi Manusia-Komputer, yaitu Firman Ardiansyah, SKom MSi, Auzi Asfarian, SKomp MKom, Dean Apriana Ramadhan, SKomp, MKom, Irfan Zidny, dan Samada. Pembinaan tersebut meliputi penyempurnaan proposal, penajaman ide, pembuatan prototipe aplikasi, serta latihan presentasi. Di masa pembinaan ini, juga dilakukan diskusi lewat SkyPe dengan Bapak Alfred Boediman, VP Research & Development Samsung Indonesia.

samsung2

Sehari sebelum final berlangsung, peserta dilatih kembali oleh tim jari untuk memaksimalkan performa mereka ketika presentasi final keesokan harinya. Dari tujuh aplikasi yang dipresentasikan, tim juri memutuskan Fit Me sebagai Juara 2 IdeAction 2016. Dita dan Exclesia masing-masing berhak mendapatkan hadiah beasiswa masing-masing sebesar Rp 80.000.000,- dan Samsung Galaxy Edge 7. Keduanya juga sempat diwawancari oleh media nasional.

Samsung

Selamat Dita dan Exclesia, semoga dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan lainnya.

Simak wawancara lebih detail dengan mereka di web Himalkom.