Mini-Conference 2016 telah Sukses Diselenggarakan

IMG_9548

Pada Sabtu, 11 Juni 2016 yang lalu, Mini-Conference 2016 telah sukses diselenggarakan. Kali ini, sebanyak 46 orang mahasiswa melaksanakan seminar tugas akhir dan 78 orang mahasiswa berpartisipasi dalam sesi poster. Jumlah ini meningkat cukup signifikan dari Mini-Conference 2015 yang hanya melibatkan 33 mahasiswa yang melakukan seminar dan 57 orang dalam sesi poster.

Dalam sambutannya, Dr Agus Buono, Ketua Departemen Ilmu Komputer menyampaikan bahwa telah banyak perbaikan dalam satu tahun terakhir. Jumlah persentase mahasiswa yang lulus tepat waktu semakin meningkat hingga mencapai 80%. Selain itu, banyak pula prestasi nasional yang diraih oleh mahasiswa sepanjang 2015-2016. Beliau menyatakan bahwa selanjutnya akan dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan prestasi mahasiswa di kancah kompetisi internasional.

IMG_9376

Sesi pertama diisi dengan presentasi penelitian-penelitian terkini dari ketiga lab keilmuan yang ada di Departemen Ilmu Komputer. Lab Software Engineering and Information Science diwakili oleh Dr Irman Hermadi. Lab Net-Centric Computing diwakili oleh Dr.Eng Heru Sukoco. Lab terakhir, Applied Computational Intelligence diwakili oleh Dr.Eng Wisnu Ananta Kusuma. Sesi ini dibuat untuk mengenalkan topik-topik penelitian sejak dini kepada mahasiswa tingkat 1 hingga 3.

IMG_0342

Sesi panelis melibatkan dua orang pembicara tamu. Pembicara pertama adalah Bapak Oscar Riandi dan tim dari Bahasa Kita. Mereka menyampaikan tentang teknologi pemrosesan suara bahasa alami yang mereka kembangkan untuk pembicara bahasa Indonesia. Sembari menjelaskan, Bapak Oscar mendemokan aplikasi Notula yang secara otomatis membuat notulensi dari apa yang dikatakan oleh beliau. Panelis kedua adalah Dr Anto S Nugroho dari BPPT yang menyampaikan tentang identifikasi dengan menggunakan iris mata.

IMG_8449

Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan sesi seminar paralel yang diisi oleh mahasiswa tugas akhir di Departemen Ilmu Komputer. Seminar berlangsung serius dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta seminar.

IMG_8358

Acara ditutup dengan buka bersama seluruh civitas Departemen Ilmu Komputer.