IJAH Analytics : Aplikasi Karya Peneliti IPB

 

 

Capture

 

Adalah IJAH Analytics, merupakah salah satu aplikasi karya peneliti IPB yang dikembangkan sebagai benetuk kolaborasi antara berbagai disiplin ilmu dengan dukungan 27 personil termasuk meliputi dosen dan mahasisiwa. Proyek pengembangan aplikasi ini dimulai pada tahun 2013. Aplikasi ini memberikan kemudahan dan memanjakan pengguna dalam penggunaannya dibandingkan dengan aplikasi lain. Machine learning menjadi basis metode pengembangan aplikasi tersebut. Ijah juga sudah mendapat anugerah inovasi dan memiliki hak cipta. “Aplikasi ini telah digunakan oleh beberapa peneliti baik di dalam maupun luar negeri,” Tutur Dr. Wisnu.

Untuk lebih memperkenalkan aplikasi ini, diadakanlah suatu acara workshop pada tanggal 19 Maret 2019 bertempat di pusat studi biofarmaka, Taman Kencana. Di antara pembicara pada workshop tersebut adalah Dr.Eng Wisnu Ananta Kusuma yang merupakan staf departemen ilmu komputer IPB memaparkan tentang Network Pharmacology yang mampu memangkas langkah screening pemilihan senyawa bakal jamu menjadi lebih singkat. Turut hadir juga pada acara tersebut pakar jamu dari Departemen Kimia IPB, Rudi Heryanto, M.Si yang menyajikan hasil risetnya tentang Pendekatan Pengembangan Produk Jamu berbasis pada Konsep Multi Komponen-Multi Target dan Sinergisitas.

Dalam workshop tersebut hadir pula Dr.Eng Annisa, M.Kom yang memperkuat penjelasan terkait dengan pemanfaatan graph mining untuk mereduksi network yang dibentuk dari hasil interaksi protein menjadi berbagai subgraf dengan tingkat kepadatan yang tinggi dan diduga mengandung informasi protein essensial. Dr. Annisa adalah salah satu staf pengajar di Departemen Ilmu Komputer IPB.

Di akhir workshop, materi disajikan oleh Dr. Sony Hartono Wijaya, M.Kom yang menyajikan tentang pengolahan data metabolomic menggunakan bahasa pemrograman R. Aplikasi Ijah Analytics dapat diakses pada alamat : http://ijah.apps.cs.ipb.ac.id. Semoga aplikasi ini semakin memberikan manfaat untuk ilmu pengetahuan di Indonesia.

 

 

(tth)