HPC Webinar Series #1

Selasa, 25 Mei 2021

Departemen Ilmu Komputer berkolaborasi bersama FMIPA IPB dan Unit Laboratorium Riset Unggulan IPB menyelenggarakan High Performance Computing (HPC) Webinar Seri #1.  Hadir memberi sambutan pada Acara ini adalah Kepala Unit Laboratorium Riset Unggulan IPB, Dr. Irdika Mansur, M.For.Sc dan dekan FMIPA IPB Dr. Berry Juliandi, M.Si. Adapun pembicara utama pada Webinar seri #1 adalah Dr. Eng Heru Sukoco, MT (Kepala Divisi Sistem Komputer dan Jaringan) dan Dr. Hendra Rahmawa,S.Kom, MT. Keduanya adalah Dosen Departemen Ilmu Komputer IPB University. Sebagai moderator pada acara ini adalah Dr. Eng Wisnu Ananta Kusuma. Saat ini HPC merupakan infrasturkur yang sudah menjadi tuntutan seiring dengan perkembangan data stream yang semakin besar yang dikenal dengan Big-Data.

Dr Irdika Mansur, Kepala Unit Laboratorium Unggulan IPB University mengatakan bahwa HPC merupakan salah satu riset unggulan IPB University karena dapat menunjang berbagai penelitian yang ada di IPB dari berbagai unit yang ada.

Dalam paparannya, Dr. Heru Sukoco menyampaikan terkait dengan apa itu Arsitektur dan bagaimana Perancangan HPC. “Berdasarkan data statistik, penggunaan HPC yang  terbanyak masih pada sektor industri. Kedua research dan ketiga akademik. Inilah yang harus kita upayakan sekarang agar setidaknya kita yang menggunakan data-data yang kompleks dan besar dapat memanfaatkan infrastruktur HPC ini,” ungkapnya Dr. Heru.

Sementara Dr. Hendra Rahmawan menyampaikan materi terkait dengan paradigma pemrograman yang mendukung komputasi berbasis High Performance Computing (HPC). Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiwa, akademisi bahkan dari beberap institusi pemerintah yang memang sangat antusias mengikuti acara webinar ini.