Orasi Ilmiah Guru Besar Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom.

Sabtu, 4 Agustus 2018 ini menjadi hari bersejarah bagi Departemen Ilmu Komputer. Profesor pertama dari Departemen Ilmu Komputer, Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom., telah menyampaikan orasi ilmiahnya di hadapan unsur-unsur Institut Pertanian Bogor (IPB) dan undangan. Kegiatan ini dilangsungkan di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga, Bogor.

Pada kesempatan ini, Prof. Agus Buono, bersama dengan Prof. Agus Purwito (Fakultas Pertanian) dan Prof. Yandra Arkeman (Fakultas Teknologi Pertanian) mendiseminasikan hasil kerjanya selama berkiprah di IPB. Prof. Agus Buono menyampaikan naskah orasinya yang berjudul Kecerdasan Komputasional dalam Prediksi Hujan untuk Mendukung Pertanian Era Digital di Indonesia. Orasi tersebut merupakan intisari dari rangkaian penelitian beliau sejak tahun 2010 bersama dengan kolega, lembaga penelitian, serta mahasiswa yang telah beliau bimbing sepanjang karirnya sebagai dosen.

Salah satu poin penting dari orasi tersebut adalah mengenai peran IPB dalam membidani pertanian era digital Indonesia. Menurut beliau, IPB sebagai perguruan tinggi bidang pertanian terkemuka di Indonesia harus memposisikan diri sebagai trendsetter yang mengarahkan perkembangan dunia pertanian Indonesia. Sumber daya dan kepakaran di IPB, lanjut beliau, sudah mumpuni namun tersebar di tiga fakultas sehingga diperlukan suatu wadah formal di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat agar sumber daya manusia tersebut dapat bersinergi dan menjadi pelopor di Pertanian 4.0.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. membacakan riwayat hidup dari Prof. Agus Buono. Prof. Agus Buono lahir di Surakarta, 2 Juli 1966. Beliau menempuh program sarjana dan magister bidang statistika di FMIPA IPB. Beliau mendapatkan gelar Magister Ilmu Komputer pada tahun 2000 dan gelar Doktor Ilmu Komputer pada tahun 2009. Beliau diangkat sebagai Profesor/Guru Besar di bidang Ilmu Komputer Berdasarkan Keputusan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 91396/A2.3/KP/2017, terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2017.

Selama mengabdi di Institut Pertanian Bogor, Prof. Agus Buono dipercaya untuk menjadi Ketua Program Studi Diploma Infomatika (2000-2001), Ketua Jurusan Ilmu Komputer (2001-2005), serta Ketua Departemen Ilmu Komputer (2012-2020). Beliau juga aktif sebagai Dewan Pakar Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom), sebagai asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), serta aktif di Pusat Penelitian CCROMSEAP IPB.

Di akhir kegiatan ini, Prof. Dr. Ir. Muh. Yusram Massijaya, M.S, Ketua Dewan Guru Besar IPB, memberikan penghargaan Satya Lancana Sujana Utama kepada Prof. Agus Buono. Penghargaan ini diberikan kepada profesor yang telah melaksanakan orasi ilmiah di tempat kampusnya mengabdi. Selamat dan sukses untuk Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom.!

https://www.youtube.com/watch?v=pvKZSKnmvy4