Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

Slide2
 

Home / Profil / Tentang Kami / Sejarah

 

IMG_7261_fhdr_smallDepartemen Ilmu Komputer adalah salah satu dari 36 departemen di Institut Pertanian Bogor.  Saat ini Departemen Ilmu Komputer menyelenggarakan pendidikan Sarjana Ilmu Komputer (reguler dan alih jenis), Magister Ilmu Komputer (reguler dan program khusus), dan Magister Teknologi Informasi untuk Perpustakaan (program khusus).

Pengajaran beberapa mata kuliah komputer di strata pendidikan S1 IPB telah diberikan sejak beberapa tahun yang lalu, antara lain di Departemen Statistika dan Departemen Matematika Fakultas MIPA, dan beberapa Departemen di Fakultas Teknologi Pertanian. Mata pelajaran ini diberikan secara terpisah oleh masing-masing program studi. Pada tahun 1990 Departemen Matematika FMIPA membuka program elektif Matematika Komputasi untuk mahasiswa program studi Matematika. Pada strata S0, pendidikan bidang komputer telah dimulai sejak tahun 1987/1988, berupa program studi D2 Informatika yang sejak tahun 1991/1992 bernaung di Fakultas MIPA. Tenaga pengajar program studi ini pada umumnya berasal dari Departemen Statistika dan Departemen Matematika FMIPA.

Pada tahun 1991/1992 Fakultas MIPA membentuk Koordinator Ilmu Komputer dengan tugas utama mengkoordinasikan pengajaran ilmu komputer di strata pendidikan S1 di lingkungan IPB dan mempersiapkan pembentukan Program Studi Ilmu Komputer. Dengan dibentuknya Koordinator Ilmu Komputer ini, maka kegiatan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu komputer dil ingkungan IPB akan dapat lebih ditingkatkan.

Peningkatan pelayanan ini dapat dilakukan dengan bertambah banyaknya staf pengajar di bidang ilmu komputer. Pada tahun 1998, IPB telah memiliki 10 staf pengajar yang telah menyelesaikan S2 dan S3 di bidang komputer/informatika. Keseluruhan staf pengajar ini telah menyelesaikan studi di berbagai universitas di luar negeri di bawah program New-S1 Computer Science yang dibiayai oleh World Bank XVII. Selain itu IPB juga memiliki beberapa tenaga pengajar senior yang memiliki latar belakang yang kuat di bidang aplikasi komputer.

Ketersediaan staf pengajar di dukung pula oleh tersedianya perangkat keras yang diperlukan untuk praktikum. Beberapa laboratorium komputer yang potensial untuk digunakan pada tahap awal, antara lain ialah UPT Komputer IPB, Laboratorium Komputer Departemen Statistika, Laboratorium Komputer Departemen Matematika, Laboratorium Komputer Program Studi D2 Informatika FMIPA, dan Laboratorium PAU Biologi. Sementara itu untuk semester genap tahun ajaran 1994/1995 Program Studi Ilmu Komputer telah memiliki Laboratorium Komputer sendiri.

Pada tahun ajaran 1992/1993 pengajaran mata pelajaran ilmu komputer telah dikoordinasikan sebagai paket mata ajaran untuk mahasiswa tingkat II Departemen Statistika dan Departemen Matematika FMIPA. Di samping itu pengajaran Pengantar Ilmu Komputer untuk departemen lain di FMIPA juga telah dilaksanakan melalui koordinasi ini.

Program Studi Ilmu Komputer FMIPA mulai dibuka pada tahun ajaran 1993/1994. Di samping itu pelayanan pengajaran beberapa mata pelajaran bidang komputer untuk berbagai departemen di lingkungan IPB telah dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan perkembangan sarana dan fasilitas pendidikan yang diperlukan serta ketersediaan staf pengajar.

Pada tanggal 17 September 1998 Program Studi Ilmu Komputer ditetapkan menjadi Departemen Ilmu Komputer di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB melalui SK Rektor IPB No. 095/K.13/HK/OT/1998. Mandat yang diberikan kepada Departemen Ilmu Komputer adalah pengembangan ilmu komputer dan aplikasinya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Pada bulan September 2004 kantor Departemen Ilmu Komputer yang sebelumnya berlokasi di Kampus IPB Baranangsiang pindah lokasi ke Kampus IPB Darmaga. Akan tetapi untuk pelaksanaan perkuliahan Program Pasca Sarjana masih dilaksanakan di Kampus IPB Baranangsiang.

 

Share This