Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

42 (Custom)
 

Home / Profil Program Sarjana

 

Profil Program Sarjana Ilmu Komputer

Program Studi Ilmu Komputer ditetapkan menjadi Departemen Ilmu Komputer di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB melalui SK Rektor IPB no. 095/K.13/HK/OT/1998. Saat ini Departemen Ilmu Komputer menyelenggarakan pendidikan Sarjana Ilmu Komputer (reguler dan alih jenis). Program S1 Ilmu Komputer IPB telah terakreditasi oleh BAN-PT melalui SK No. 30 Tahun 2012 dengan peringkat “A”.

Visi
Pada tahun 2018 menjadi program studi ilmu komputer terkemuka sebagai pelopor dalam ilmu dan teknologi komputer untuk mendukung pertanian modern di tingkat regional (Asia Tenggara).

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang bermutu untuk menghasilkan Sarjana Ilmu Komputer yang handal, responsif, adaptif dan inovatif terhadap ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu dan teknologi komputer yang berperan dalam mewujudkan pertanian modern khususnya dan bidang lain pada umumnya serta memiliki jiwa kewirausahaan.
  • Berperan aktif dalam pengembangan ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu komputer dan teknologi komputer melalui penelitian mutakhir.
  • Berperan aktif dalam penyebarluasan ilmu, metode, dan alat bantu dalam bidang ilmu komputer serta penerapannya melalui publikasi ilmiah baik dalam bentuk jurnal maupun seminar ilmiah, kerja sama, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kompetensi utama
Memanfaatkan teknologi informasi dalam proses identifikasi maslah, pengolahan data dan informasi, serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sesuai dengan prinsip keilmuan dan kerekayasaan.

Tujuan PS

  1. Menghasilkan sarjana yang berkualitas di bidang komputer dan mampu:
    – Melakukan analisis, penerapan, dan perbandingan algoritmik suatu model komputasi.
    – Menerjemahkan permasalahan dalam suatu bidang ilmu sehingga menjadi model yang dapat dikomputasikan untuk mendapatkan solusi yang optimum dari permasalahan tersebut.
    – Mengikuti program pendidikan lanjut dalam bidang komputer atau bidang ilmu lain yang memerlukan penguasaan metode kuantitatif dan algoritmik yang kuat.
  2. Mewujudkan terselenggaranya pendidikan berkualitas melalui ketersediaan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan dukungan sistem tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan.
  3. Menghasilkan dan menyebarluaskan penelitian yang bermutu di bidang ilmu dan teknologi komputer.
  4. Menyebarluaskan penerapan bidang ilmu dan teknologi komputer melalui kegiatan kerja sama dengan institusi lain baik di dalam maupun luar negeri.
 

Share This