Penerimaan siswa di Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor termasuk S2 MKom Khusus didasarkan pada evaluasi transkrip catatan sarjana dan / atau pendidikan pascasarjana dengan beberapa pertimbangan khusus seperti akreditasi program gelar yang mereka ambil, pengalaman kerja dan pengalaman penelitian, publikasi ilmiah terakreditasi, rekomendasi akademik dari atasan mereka, nilai TOEFL, dan Tes Potensi Akademik (TPA). 

Pelamar harus menyelesaikan formulir aplikasi dan mengembalikannya dengan lampiran kepada Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Formulir pendaftaran dapat diperoleh pada Divisi Promosi, Humas dan Hubungan Alumni Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor; Program Studi penyelenggara, atau download dari website (http://www.pasca.ipb.ac.id). Pelamar / calon mahasiswa dianjurkan untuk mendaftar sedini mungkin pada tanggal jatuh tempo. Dokumen yang diserahkan kepada Institut Pertanian Bogor tidak dapat ditarik kembali. 

Seleksi calon siswa akan diatur oleh Komite Penerimaan (PPMB), dan semua keputusan bersifat final. Seleksi akan didasarkan pada hasil evaluasi transkrip rekaman lembaga pembelajaran mereka sebelumnya yang lebih tinggi, akreditasi institusi mereka, pengalaman kerja dan pengalaman penelitian, publikasi ilmiah (baik yang dipublikasikan atau tidak), skor TOEFL (baik internal maupun internasional TOEFL) dan Tes Potensi Akademik (TPA), rekomendasi akademik dari pihak yang kompeten, pernyataan yang mendukung pendanaan, dan rekomendasi dari atasan langsung bagi mereka yang sudah bekerja.