Software Engineering and Information Science

Mata Kuliah

Untuk memenuhi mandat bagian, SEIS mengampu mata kuliah-mata kuliah berikut:

Mata Kuliah untuk Program Sarjana Ilmu Komputer

KOM330  Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Mata kuliah ini membahas karakteristik sistem perangkat lunak dan prinsip-prinsip manajemen proyek yang meliputi requirements elicitation, software effort estimation, professional ethics, quality control, planning dan scheduling in software life cycle processes, team effort dan risk management.

Koordinator: Ir Meuthia Rachmaniah, MSc
Pengajar: Dr Irman Hermadi, SSi, MS

KOM331  Rekayasa Perangkat Lunak

Setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa mampu mengembangkan perangkat lunak secara sistematis dan terukur dengan menggunakan metode-metode pengembangan perangkat lunak yang klasik (berorientasi proses) berbantukan kakas, serta mengenal analisis dan perancangan sistem berorientasi objek.

Koordinator: Dr Yani Nurhadryani, SSi, MT
Pengajar: Rina Trisminingsih, SKomp MT

KOM333  Interaksi Manusia dan Komputer

Mata kuliah ini membahas teori-teori dasar yang melandasi interaksi manusia-komputer, prinsip-prinsip dan penerapan interaksi manusia-komputer untuk perancangan antarmuka pengguna, kepentingan dan peran usabilitas dan evaluasi pada perancangan sistem, isu-isu yang berkaitan dengan keragaman pengguna, tipe sistem yang berbeda, gaya interaksi, alat dan lingkungan.

Koordinator: Firman Ardiansyah, SKomp, MSi
Pengajar: Auzi Asfarian, SKomp, MKom; Dean Apriana Ramadhan, SKomp, MKom

KOM334  Pengembangan Sistem Berorientasi Objek

Mata kuliah ini menjelaskan konsep-konsep dan teknik-teknik pengembangan sistem berorientasi obyek: obyek, kelas, konsep enkapsulasi, pewarisan, penyembunyian informasi, polimorfisme, pemodelan dengan UML, analisis dan perancangan berorientasi obyek, penggunaan ulang, dan pola perancangan, serta pemrograman berorientasi obyek.

Koordinator: Dr Irman Hermadi, SSi, MS
Pengajar: DrEng Wisnu Ananta Kusuma, ST MT; Rina Trisminingsih, SKomp MT

KOM430  Arsitektur Enterprise

Mata kuliah ini membahas konsep dasar arsitektur enterprise, struktur dan budaya enterprise, nilai dan resiko penerapan arsitektur enterprise, metode pembangunan arsitektur enterprise ditinjau dari beberapa framework, pendefinisian komponen dan artefak, pembangunan pandangan arsitektur masa kini dan masa depan, perencanaan manajemen, investasi, keamanan, dan repositori penerapan arsitektur enterprise, diakhiri dengan pembahasan tren ke depan dalam arsitektur enterprise.

Koordinator: Firman Ardiansyah, SKomp, MSi
Pengajar: Ir Meuthia Rachmaniah, MSc; Rina Trisminingsih, SKomp MT

 

Mata Kuliah untuk Program Magister Ilmu Komputer

KOM531  Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut

Mata kuliah ini mengkaji fungsi kritis Rekayasa Perangkat Lunak, bagaImana peran analis sistem, apa metode dan alat bantu analisis dan disain Perangkat Lunak yang harus disinergikan dengan misi, misi, tujuan dan proses bisnis organisasi. Topik kajian juga mencakup siklus hidup pengembangan perangkat lunak, spesifikasi, analisis, desain, implementasi, pengujian, CASE tools, prototyping, kendali mutu, teknik-teknik investigasi, interview, dan pendokumentasian terstruktur.

Koordinator: Dr Yani Nurhadryani, SSi, MT

KOM637  Pengujian dan Penjaminan Mutu Perangkat Lunak

Mata kuliah ini membahas latar belakang, teori-teori, prinsip-prinsip, dan kajian studi kasus untuk pengujian dan penjaminan mutu perangkat lunak. Termasuk pokok bahasan di dalamnya adalah kehandalan dan mutu perangkat lunak, model kematangan proses, dan berbagai tipe pengujian, seperti: unit, aliran kendali, aliran data, domain, sistem, fungsional, dan penerimaan.

Koordinator: Dr Irman Hermadi, SSi, MS

KOM638  Desan Interaksi

Mata kuliah ini membahas latar belakang, prinsip-prinsip, dan teknik-teknik perancangan grafik antarmuka pemakai serta metode-metode dasar perekayasaan kegunaan (usability) untuk perancangan dan evaluasi perangkat lunak. Pokok-pokok bahasannya meliputi karakteristik antarmuka, proses perancangan antarmuka, pengenalan pemakai, perancangan yang berfokus pada pemakai, pemahaman fungsi bisnis, pengembangan menu dan navigasi, pemilihan windows, pemilihan perangkat interaksi, pemilihan layar kendali, penulisan teks dan pesan, penyediaan masukan yang efektif, internasionalisasi, penciptaan grafik/icon/gambar, pemilihan warna, organisasi dan tata letak windows dan pages, dan pengujian.

Koordinator: Dr Irman Hermadi, SSi, MS

KOM632  Topik dalam Sistem Informasi

Mata kuliah ini membahas latar belakang dan prinsip-prinsip sistem informasi manajemen dengan isu kajian studi kasus.Topik-topik utamanya meliputi bisnis global, e-business, organisasi dan strategi, isu-isu etika dan sosial, teknologi informasi, basisdata, pengelolaan informasi, keamanan informasi, keunggulan kompetitif, e-commerce, pengelolaan pengetahuan, pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya data, dan pengembangan sistem.

Koordinator: Dr Irman Hermadi, SSi, MS

KOM639  Topik dalam e-Government

Mata kuliah e-government menjelaskan faktor-faktor yang berhubungan dengan implementasi e-government yang meliputi alasan pentingnya pengembangan e-government, tantangan e-government, perencanaan pengembangan e-government, implementasi front office, back office, management project e-government dan perkembangan e-government di berbagai negara. Seiring dengan perkembangan konsep ‘e’ dewasa ini, mata kuliah ini juga menerangkan konsep e-governance, e-democracy dan e-campaigning. Mahasiswa diharapkan dapat merancang dan mengimplementasikannya dalam bentuk pemanfaatan ICT dalam government.

Koordinator: Dr Yani Nurhadryani, SSi, MT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>