TESTIMONI : Mutia Hafilizara

mutiaMUTIA HAFILIZARA

Waktu udah mulai pemilihan topik skripsi + pembimbing memang udah gak pake galau-galau lagi untuk masuk lab IR. Kalo ditanya kenapa gak galau, karena memang udah fix tertarik sama yang namanya bikin sistem pemrosesan teks daripada pemrosesan gambar ataupun suara. Oke jadilah saya sebagai salah satu geng lab IR dibawah bimbingan Pak Julio bersama 3 teman saya yang lain di angkatan 7.

Menurut saya sih lab Information Retrieval itu seru. Karena disini kita belajar bagaimana memproses dokumen-dokumen entah itu akan dibuatkan mesin pencari, mengklasifikasikan, membuat sistem tanya jawab (QAS) ataupun yang lainnya. Setelah tahu dokumennya mau diapakan lalu menentukan metode yang akan digunakan. Untuk memahami suatu metode ini pun menarik karena kadang kita akan menggunakan metode dari bidang ilmu lain untuk diterapkan pada sistem yang dibuat. Bisa saja kita mengambil perhitungan-perhitungan pada bidang statistika untuk menerapkan pengklasifikasian dokumen. Itulah mengapa lab IR ini seru karena dapat mempelajari lintas bidang.

Kesan-kesannya selama bimbingan, kita satu geng bimbingan ini dibikin kompak hehehe selalu bersama di kala suka dan duka mengerjakan skripsi. Dimulai dari ngertiin topik skripsi, pahamin jurnal referensi, membuat sistem untuk simulasi, nge-draf makalah selalu barengan dan saling bantu (fyi topik kita beda-beda). Oiya yang bikin berkesan juga dibawah bimbingan Pak Julio adalah sistem bimbingannya yang gerak cepat sehingga cepat pula lulusnya hehe(lama atau cepet tergantung kitanya juga sob!), pernah dalam seminggu sampe 3 kali bimbingan dan nge-draf yang selalu dicoret-coret banyak sekaliiii :( *emot sedih, ini sih karena kitanya aja nulis skripsinya jelek jadi banyak revisi haha.

Semakin banyak lagi lah pokoknya yang berminat masuk lab IR, biar tambah banyak koleksi hasil penelitiannya di bidang IR! Berharap juga nanti ada hasil penelitian skripsi bidang IR yang bisa digunakan dan bermanfaat untuk umum.