Rencana Penelitian 2015

Rencana penelitian bidang IR pada tahun 2015 ini antara lain adalah:

Peringkasan Teks Otomatis

Peringkasan teks otomatis (automatic text summarization) adalah pembuatan bentuk yang lebih singkat dari suatu teks dengan menggunakan metode IR yang memanfaatkan aplikasi yang dijalankan dan dioperasikan pada komputer. Penelitian peringkasan teks otomatis dipelopori oleh Luhn sejak tahun 1958. Teknik-teknik yang digunakan dalam peringkasan:

  1. teknik pendekatan statistika: teknik word frequency (Luhn, 1958), position in text (Baxendale, 1958), cue words and heading (Edmudson, 1969), sentence position (Lin dan Hoovy, 1997).
  2. teknik pendekatan dengan natural language analysis: inverse term frequency and NLP technique (Aone, 1990), lexical chain (Mc Keown, 1997), maximal marginal relevance (Cabonell dan Goldstein, 1998).

Dan beberapa teknik lainnya. Beberapa penelitian telah dilakukan sebelumnya untuk melakukan peringkasan teks otomatis. Pada tahun ini direncanakan akan dibuat dan dipublikasikan suatu produk peringkasan teks skripsi mahasiswa sarjana secara otomatis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>