Kami menawarkan riset project untuk tugas akhir mahasiswa S1 dan S2 Ilmu Komputer IPB. Tahun ini kami menawarkan dua buah riset project yaitu myField Project dan myID project.

Project Name Project Type Description Supervisor
myField Project Undergraduate, Graduate

myField project adalah kegiatan penelitian dalam bidang Integrated Pest Monitoring (IPM) untuk monitoring hama dan penyakit tanaman. myField project akan menerapkan konsep Internet of Thing (IoT) dan Crowd Sourcing dalam pengembangan sistemnya. IoT adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari teknologi internet yang digunakan. Sedangkan crowd sourcing adalah teknik pengumpulan data secara bersama sama melalui sebuah media teknologi yang dikembangkan. Teknik crowd sourcing dikenal juga dengan istilah citizen scientist. Kegiatan penelitian ini merupakan kerjasama antara Lab CVLS (Dept ILKOM IPB), Departemen Silvikultur Fahutan IPB. Kami juga akan melakukan kerjasa penelitian dengan PT. Arara Abadi .

Objek penelitian yang akan diteliti yaitu penyakit pada kayu Jabon dan Akasia. Wilayah penelitian yaitu kebun persemaian kampus IPB dan PT. Arara Abadi di Perawang Riau.

Kegiatan penelitian ini akan didanai oleh Kementristik DIKTI melalui hibah penelitian strategis unggulan (PSU) IPB untuk tahun 2017-2019

Kegiatan penelitian dalam proyek penelitian ini diantaranya:

  1. Identifikasi hama dan penyakit berbasis citra digital (citra kamera atau citra microskopis) : 2 orang
  2. Pengembangan aplikasi mobile dan web untuk monitoring IPM (database design, sistem pakar, species distribution) : 2 orang
  3. Pengembangan aplikasi temu kembali informasi untuk hama dan penyakit tanaman : 2 orang

Syarat:

  1. Mahasiswa mengambil mata kuliah Pengantar Pengolahan Citra Digital (PPCD) untuk topik penelitian identifikasi hama dan penyakit berbasis citra digital.
  2. Mahasiswa mengambil mata kuliah Temu Kembali Informasi (TKI) untuk topik pengembangan aplikasi temu kembali informasi untuk ama dan penyakit tanaman
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan pemrograman aplikasi mobile Android atau Python atau C/C++

Dr. Yeni Herdiyeni (YHY) (ILKOM IPB), Dr. Ir. Elis Nina Herliyana (Silvikultur IPB), Ir. Julio Adisantoso, M.Komp (JAS) (ILKOM IPB), Mayanda Mega Santoni, S.Komp, M.Komp(MMS) (ILKOM IPB)
myID Project Undergraduate, graduate

myID project adalah kegiatan penelitian dalam bidang monitoring penyakit infeksi malaria. Wilayah penelitian yang akan diteliti adalah Bangka Barat, Propinsi Bangka Belitung.

Kegiatan penelitian ini merupakan kerjasama antara ILKOM IPB, KSHE IPB, FKH IPB dan Saga University Jepang melalui skema kerjasama luar negeri untuk tahun 2017-2019. Kegiatan penelitian ini akan didanai oleh Kemenristek DIKTI melalui hibah Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional.

Kegiatan penelitian dalam proyek penelitian ini diantaranya:

  1. Analisis empiris dan spasial malaria (GIS dan Remote Sensing) untuk model prediksi untuk resiko malaria dan transmisi malaria : 2 orang
  2. pengembangan aplikasi web dan mobile Android untuk assesment dan monitoring malaria : 2 orang

Syarat:

  1. Mahasiswa mengambil mata kuliah Pengantar Pengolahan Citra Digital (PPCD) untuk topik GIS dan Remote Sensing
  2. Mahasiswa memiliki kemampuan pemrograman aplikasi mobile Android atau Python atau C/C++
Dr. Yeni Herdiyeni (YHY) (ILKOM IPB), Prof. Lilik B Prasetyo (LBP) (KSHE IPB), Dr. Etih Sudarnika Muchtar (ESM) (Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner FKH IPB),Mayanda Mega Santoni, S.Komp, M.Komp(MMS) (ILKOM IPB)

Jika anda tertarik silahkan menghubungi Dr. Yeni Herdiyeni dengan alamat email: yeni.herdiyeni@ipb.ac.id atau yeniherdiyeni@gmail.com dengan menuliskan nama, NIM, IPK dan topik riset yang diminati.

Terima Kasih!