Diskusi Persiapan Proposal Nutrifood

Bogor, 2 Maret 2016

Beberapa dosen yang Ilmu Komputer yang dimotori oleh Dr. Eng Wisnu Ananata dari kelompok riset melakukan diskusi rutin untuk mempersiapkan Proposal yang  ditawarkan oleh PT Nutrifood. Turut hadir dalam diskusi ini antara lain :
1. Aziz Kustiyo, S.Si, M.Kom
2. Muhammad Abrar Istiadi, M.Kom
3. Vektor Dewanto, M.Eng
4. Toto Haryanto,M.Si
5. Lailan Sahrina Hasibuan, M.Kom
6  dan Husnul Khotimah, M.Kom

Diskusi ini rutin dilakukan setiap Rabu siang pukul 13.00 s.d 15.00 wib di Laboratorium Komputasi Terapan.

@tth

 

 

 

Dr. Eng Wisnu Ananta : Keynote Speaker di ICAIA 2015

Bogor, 4 Agustus 2105

Dr. Eng Wisnu Ananta kepala bagian Komputasi Terapan (Applied Computing) yang juga merangkap kepala kelompok riset Bioinformatika mendapatkan kesempatan untuk menjadi Keynote speaker pada acara Konferensi Internasional ICAIA 2015 yang berlangsung  di IPB-CC, Bogor.

IMG-20151128-WA0010

ICAIA merpakan event tahunan yang dituanrumahi Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB. Pada event ini, Ilkom juga sebagai co-host. Dalam presentasinya memaparkan RoadMap Riset di bidang Bioinformatika serta peluang riset di bidang ini ke depannya.

@tth

Workshop dan Kuliah Umum Bioinformatika

Bogor, 26 Oktober 2015
Kelompok Riset Bioinformartika Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB bekerjasama dengan Balai besar Bioteknologi dan Semberdaya Gentika Pertanian (BB-BIOGEN) melalui Hibah KKP3N akan melakukan kuliah umum dan Workshop. Acara ini merupakan kegiatan dari peneitian yang didanai oleh Kementerian Pertanian di tahun 2015. Bagi yang berminat mohon dapat mendaftar melalui formulir online. Peserta workshop ini terbatas untuk 40 Peserta. Bagi yang berminat silahkan mendaftar melalui alamat berikut : https://goo.gl/UD1pxm . Acara ini akan dilaksanakan selama dua hari tanggal 3 dan 4 November 2015 bertempat di Departemen Ilmu Komputer IPB Dramaga.

 

flyer_final2_rev

 

(@tth)

Tim KKP3N Mengadakan Konsinyasi

Selasa, 13 Oktober 2015

Sebagai bagian dari kegiatan penelitian yang didanai Kementerian Pertanian Republik Indonesia,  Tim KKP3N 2015 mengadakan konsinyasi untuk menyelesaikan modul project yang ditargetkan selesai pada tahun 2015 ini. Setidaknya ada 3 modul yang akan diselesaikan pada konsinyasi hari ini, yakni:

  1. Modul Integrasi Genetic Programming dan aplikasi ISNIP
  2. Modul Asosiasi Genotipe dan Fenotipe
  3. Modul Multiple Sequence Alignment (MSA)

Modul pertama dikomandoi oleh Bapak Muhammad Abrar Istiadi, M.Kom , modul kedua dikomandoi oleh Lailan Sahrina Hasibuan, M.Kom dan modul ketiga dikomandoi oleh Auriza Rahmad Akbar, M.Kom.

IMG-20151013-WA0018  IMG-20151013-WA0019

Acara konsinyasi ini dimulai sejak pukul 08.00 wib dan direncanakan akan selesai pada pukul 15.00 wib. Sesi pagi, setiap tim mencoba untuk melanjutkan pekerjaannya dan sesi siang akan mempresentasikan hasi dari pekerkaan masing-masing.

Semoga kegiatan ini akan mempercepat penyelesaian prosen peneitian KKP3N tahun 2015 ini.
Selamat Bekerja rekan-rekan.

@tth

 

Presentasi Kelompok Riset Bioinformatika

Rabu, 9 September 2015

Kelompok riset bioinformatika Lab. Komputasi Terapan mengadakan presentasi penwaran topik skripsi bagi mahasiswa Departemen Ilmu Komputer semester 7. Presentasi ini dihadiri oleh lebih dari 10 mahasiswa yang memiliki minat dan tertantang dengan permasalahan – permasalahan di bidang bioinformatika. Presentasi diawali dengan penyempaian motivasi bahwa kita sebagai makhluk Alloh diciptakan denfan berbagai kelebihan yang ada.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan road map penelitian di bidang Bioinforamatika serta prospek riset ke depan. Presentasi ini juga dilanjutkan degan tanya jawab dengan mahasiswa. Pada sesi tanya jawab setiap anggota kelomok rist menyampaikan topik-topiknya. Pak Aziz Kustiyo menyampaikan riset di bidang analisis metagenome, Pak Abrar menyampaikan riset di bidang SNP dan visualiasi serta Pak Toto menyempaikan riset di bidang prediksi struktir protein. Sementara Pak Wisnu benyak menyampaikan terkait dengan riset di bidang DNA Assemby dan Jamu.

presentasi_lab

Presentasi diakhiri pada pukul 14.30 wib. Semoga Mahasiswa bisa mengambil manfaat dari presentasi ini dan tentunya banyak mahasiswa yang tertarik untuk riset di bidang ini.

Salam Hangat

@tth