Kontak

  • Jl. Meranti Wing 20 Level V Kampus Dramaga IPB
  • Bogor, Jawa Barat, Indonesia 16680
  • -6.5581406, 106.7311531
  • +62251 8625584
  • ilkom@ipb.ac.id
 

 

12 (Custom)
 

Home / Berita / Muhammad Murtadha Ramadhan, Mahasiswa Berprestasi Institut Pertanian Bogor

 

Muhammad Murtadha Ramadhan, mahasiswa Program Sarjana Ilmu Komputer, Departemen Ilmu Komputer terpilih sebagai Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Institut Pertanian Bogor. Lewat karyanya yang berjudul Fun Walking Enviropedia: Aplikasi Ensiklopedia Lingkungan Berbasis Augmented Reality untuk Generasi Adiwiyata, Dewan Juri Pilmapres Tingkat IPB mengukuhkan Muhammad Murtadha Ramadhan sebagai Juara 1 sekaligus menjadi wakil IPB di Pilmapres Tingkat Nasional. Hasil tersebut diumumkan pada Malam Penganugrahan Mahasiswa Berprestasi IPB yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 April 2017 di Auditorium Andi Hakim Nasution

Lewat tulisannya, Murtadha mencoba meningkatkan kesadaran lingkungan pada anak-anak berusia 6-13 tahun lewat sebuah aplikasi ensiklopedia di perangkat bergerak. Aplikasi tersebut mengedepankan pembelajaran aktif langsung di lingkungan, yang telah terbukti lebih efektif meningkatkan rasa cinta lingkungan. Aplikasi ini juga memanfaatkan teknologi augmented reality untuk menampilkan objek-objek tanaman virtual yang lebih menarik untuk dinikmati oleh anak-anak.

Perjalanan Murtadha untuk menjadi mahasiswa berprestasi sangat panjang. Sejak duduk di tingkat pertama, pria yang dipanggil Ado ini aktif mengikuti IPB Debate Club untuk melatih kemampuan bahasa Inggris dan debatnya. Kepiawaiannya berdebat dalam bahasa Inggris ini telah membuka jalan baginya ke berbagai kegiatan internasional di Eropa. 

Ado terpilih sebagai wakil Departemen Ilmu Komputer IPB di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi melalui surat No 249/IT3.7.1/KM/2017 tentang Pengajuan Nama Calon Mahasiswa Berprestasi Departemen Ilmu Komputer pada tanggal 27 Februari 2017. Lewat proses seleksi berkas dan wawancara, Ado berhasil menyisihkan kandidat-kandidat lainnya di tingkat Departemen. 

Persiapan Ado untuk seleksi di tingkat fakultas dilakukan dengan kerja sama Tim Pembina yang terdiri atas lima orang dosen. Pembinaan yang dilakukan meliputi melengkapi riwayat hidup dengan seluruh dokumen pendukung berupa sertifikat atau tautan resmi dari pihak pemberi penghargaam, menajamkan karya tulis ilmiah dari aspek kebahasaan, keilmuan, dan kaidah penulisan karya tulis ilmiah, serta meningkatkan kemampuan presentasi dalam bahasa Inggris.

Akhirnya, berdasarkan surat Wadek AK FMIPA No 1305/IT3.7/KM/2017 tanggal 10 April 2017 tentang Pengumuman Mawapres 2017 (Lampiran 3), Mahasiswa Berprestasi Departemen Ilmu Komputer berhasil meraih peringkat pertama. Dengan demikian, Muhammad Murtadha Ramadhan bersama dengan Dairul Fuhron (peringkat kedua, asal Departemen Statistika) dengan resmi menjadi wakil FMIPA di Pilmapres tingkat IPB.

Setelah mengikuti proses karantina dan berbagai uji yang dilakukan oleh Tim Juri Mawapres IPB, akhirnya Ado terpilih menjadi wakil IPB di Pilmapres Tingkat Nasional. 

 

Share This